Apa Tujuan Kelompok Teroris Solihin Berniat Beraksi saat People Power?

Apa Tujuan Kelompok Teroris Solihin Berniat Beraksi saat People Power?
Cegah anak terlibat terorisme. Ilustrasi Foto: dok.JPG

jpnn.com, JAKARTA - Kekuatan kelompok teroris yang dipimpin Solihin alias Abu Faisal memang terus berkurang dengan penangkapan delapan anggotanya.

Namun, masih ada sejumlah orang anggotanya yang masuk daftar pencarian orang (DPO). Ancaman aksi teror dari kelompok tersebut belum sepenuhnya hilang.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Pasetyo menuturkan, kekuatan kelompok Solihin ini tetap diwaspadai. Melemahnya kelompok teror yang membuat bahan peledak TATP ini bukan berarti Densus 88 Anti Teror bisa tenang. ”Sebab, ada pendalaman lain dalam struktur kelompok ini,” tuturnya.

Kelompok yang sangat terorganisir ini masih memiliki kaki tangan. Walau, sebagai pemimpin Solihin telah tertangkap. ”Densus 88 dan Satgas masih harus bekerja menangani kelompok ini,” ujarnya seperti diberitakan Jawa Pos.

Bulan puasa dinilai tidak akan menjadi pertimbangan bagi kelompok teror untuk menghentikan aksi. Bahkan, sebagian pakar terorisme menyebut kelompok teroris memandang puasa merupakan waktu yang efektif melakukan amaliyah. ”Karena itu mitigasi terus dilakukan,” ujarnya.

BACA JUGA: Terungkap, Kelompok Solihin Rencanakan Aksi Teror saat People Power

Upaya mencegah aksi teror terjadi akan lebih efektif bila masyarakat terlibat. Bila menemukan hal yang mencurigakan, lebih baik dilaporkan ke petugas. ”Jangan main hakim sendiri,” terang mantan Wakapolda Kalimantan Tengah tersebut.

Apa tujuan kelompok Solihin berniat beraksi saat people power? Dedi menjelaskan bahwa kemungkinan besar kelompok ini ingin mendorong ke arah konflik dengan skala yang lebih besar. ”Karena itu momentum itu ditunggu,” jelasnya.

Masih ada sejumlah anggota kelompok teroris Solihin alias Abu Faisal ya yang masuk daftar pencarian orang (DPO).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News