JPNN.com

Apakah Kita Wajib Mengonsumsi Suplemen Omega-3?

Senin, 23 September 2019 – 08:22 WIB Apakah Kita Wajib Mengonsumsi Suplemen Omega-3? - JPNN.com
Bahan yang mengandung suplemen Omega 3. ILUSTRASI. Foto: MSN

jpnn.com, JAKARTA - Sudah pasti bahwa tubuh kita membutuhkan asam lemak omega-3, zat yang ditemukan terutama pada varietas ikan tertentu (satu jenis zat yang juga terdapat dalam kacang-kacangan dan biji-bijian).

Di antara manfaat lain, senyawa ini telah terbukti menurunkan trigliserida dalam darah, mengurangi peradangan dalam tubuh, membantu perkembangan visual dan neurologis pada bayi, dan mungkin memerangi depresi, ADHD, dan penyakit Alzheimer.

Sekitar 10 persen orang Amerika saat ini mengonsumsi suplemen omega-3, dan mempertimbangkan banyak kualitas kesehatan mereka, apakah kita wajib mengonsumsi suplemen omega-3?

Belum tentu. Menurut dua penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard Medical School pada total sekitar 34.000 orang dewasa, orang-orang yang berada dalam kesehatan yang baik atau tidak berada dalam risiko rata-rata terserang penyakit jantung mungkin tidak memerlukan suplemen jika mereka sering makan ikan.

Itu berarti setidaknya dua porsi seminggu ikan berlemak atau berminyak seperti salmon, sarden, mackerel, tuna, herring, atau ikan teri.

“Ini perubahan gaya hidup yang baik untuk dibuat dan telah menjadi rekomendasi untuk sementara waktu,” kata penulis utama dari salah satu studi, Dr. JoAnn E. Manson, profesor kedokteran di Harvard Medical School, seperti dilansir laman MSN, Kamis (19/9).

“Tidak ada dalam studi ini yang menggantikan rekomendasi untuk asupan ikan sedang," jelas Manson.

Pada saat yang sama, konsumsi daging merah, makanan olahan, dan biji-bijian olahan harus dikurangi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...