Apakah Ubi Jalar itu Sehat?

Apakah Ubi Jalar itu Sehat?
Ubi jalar. (Foto: Ist/Jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Ubi jalar mengandung manfaat kesehatan unik dengan sedikit tambahan. Secara umum, semakin banyak warna yang bisa Anda tambahkan ke dalam makanan yang berasal dari buah-buahan dan sayuran, maka akan semakin baik.

"Pada intinya, semua kentang itu padat nutrisi dan sehat untuk Anda,” kata Brigitte Zeitlin, ahli diet terdaftar dan pemilik BZ Nutrition di New York, dilansir laman MSN, Rabu (27/11).

Tetapi, ubi jalar lebih rendah kalori dan karbohidratnya daripada varietas kentang lainnya. Ubi jalar juga lebih tinggi vitamin A, antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu Anda menjaga kulit dan penglihatan tetap sehat.

Satu ubi jalar menyediakan jauh lebih dari 100 persen dari jatah vitamin A harian yang direkomendasikan, menurut USDA. Ubi jalar juga kaya akan vitamin C dan vitamin B6, yang penting untuk kesehatan otak dan sistem saraf.

Mereka juga merupakan sumber kalium dan magnesium yang baik, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu mengatur tekanan darah.

Satu lagi, satu ubi jalar mengandung sekitar empat gram serat nabati, yang membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi.

Sebagai sayuran akar bertepung, ubi jalar memiliki lebih banyak karbohidrat daripada sayuran non-bertepung seperti brokoli. (Setengah cangkir ubi jalar mengandung sekitar 13 gram karbohidrat dan setengah cangkir brokoli mengandung sekitar 3 gram.)

Ubi jalar juga menyediakan lebih banyak energi daripada alternatif sayuran tanpa tepung, menjadikannya sumber bahan bakar yang luar biasa untuk aktivitas sehari-hari, terutama untuk kinerja atletik.

Ubi jalar lebih rendah kalori dan karbohidratnya daripada varietas kentang lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News