JPNN.com

API Dukung Dibentuknya Badan Pengelola Pertambangan

Jumat, 22 Oktober 2010 – 19:19 WIB API Dukung Dibentuknya Badan Pengelola Pertambangan - JPNN.com
JAKARTA - Asosiasi Pertambangan Indonesia (API) mendukung dibentuknya suatu badan yang bakal mengelola atau mengatur sektor pertambangan. Diharapkan dengan adanya badan ini, akan dapat memperbaiki tata kelola industri pertambangan nasional yang dinilai masih semrawut.

"Saya kira bagus juga. Kalau ada badan yang mengelola di sektor pertambangan ini, tentunya ada yang mengawasi operasional di lapangan, agar bisa melakukan kegiatan pertambangan sesuai aturan dan target yang ingin dicapai," ucap Direktur Eksekutif API, Priyo Pribadi Soemarno, di sela-sela Dialog Moratorium Hutan di Indonesia, di Hotel Darmawangsa, Jakarta, Jumat (22/10).

Dikatakan Priyo pula, dengan adanya badan pengelola pertambangan tersebut, maka pemerintah atau dalam hal ini Kementerian ESDM, hanya (perlu) membuat regulasi dan target yang ingin dicapai. Sementara untuk menjalankan regulasi itu, sudah menjadi tanggungjawab badan pengelola. "Saya rasa dengan adanya badan di sektor pertambangan ini, bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada, serta dapat meningkatkan produksi batubara di negeri ini," ujarnya.

Sebelumnya, pembentukan badan di sektor pertambangan ini sudah diwacanakan oleh Komisi VII DPR RI, beberapa waktu lalu. DPR menilai, untuk mengurangi persoalan-persoalan di sektor pertambangan yang disebabkan oleh tidak adanya transparansi dan mekanisme yang jelas sebagai pengontrol sektor hulu pertambangan, maka perlu dibentuk suatu badan seperti BP Migas yang ada di sektor migas. (yud/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...