Aplikasi BIOLA Memudahkan Akses Pelayanan dan Perizinan Bea Cukai Batam

Aplikasi BIOLA Memudahkan Akses Pelayanan dan Perizinan Bea Cukai Batam
Aplikasi BIOLA dari Bea Cukai Batam sudah bisa dinikmati melalui telepon seluler. Foto: Bea Cukai Batam.

jpnn.com, BATAM - Masyarakat tidak perlu repot-repot buka laptop karena sekarang sudah dapat mengakses fitur pelayanan dan perizinan Bea Cukai Batam melalui aplikasi Bea Cukai Batam Information Online Apps (BIOLA) yang tersedia di Google Play.

“BIOLA saat ini telah tersedia di Google Play, masyarakat dapat mengakses fitur layanan dan izin yang ada di Bea Cukai Batam melalui handphone,” kata Kepala Subbagian Dukungan Teknis Bea Cukai Batam Hery Rusdaman.

Ia menjelaskan BIOLA merupakan aplikasi mobile yang dikembangkan dan diperuntukkan bagi pengguna jasa dan pegawai Bea Cukai Batam dalam mengakses pelayanan dan perizinan.

Hery memerinci akses pelayanan dan perizinan yang dimaksud seperti Batam Logistic Ecosystem (BLE), Ion Beta, Barang Kiriman, IMEI, Yatch & Vessel Declaration, serta fitur lainnya.

“Di bagian dashboard terdapat informasi penerimaan bea masuk, bea keluar dan cukai dari tahun ke tahun, media pelaporan dan monitoring gratifikasi dan tips,” tambah Hery.

Bagi pengguna jasa atau masyarakat yang menemukan pelanggaran yang dilakukan petugas Bea Cukai Batam, dapat memanfaatkan fitur monitoring gratifikasi dan tips untuk melakukan pelaporan.

“Masyarakat yang tidak sempat atau tidak berkenan ke kantor dapat dengan mudah apabila akan melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh petugas kami,” ungkap Hery.

Selain itu, Hery menyebutkan fitur lainnya ialah kalkulator pabean yang dapat dimanfaatkan untuk menghitung jumlah bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI).

BIOLA saat ini telah tersedia di Google Play, masyarakat dapat mengakses fitur layanan dan izin yang ada di Bea Cukai Batam melalui handphone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News