Apple Bakal Produksi iPhone X di India

Apple Bakal Produksi iPhone X di India
ILUSTRASI. iPhone X. Foto: Apple

jpnn.com, TAMIL NADU - Apple bakal mulai produksi iPhone kelas premium di India mulai tahun depan. Sebuah laporan baru yang dilansir Ubergizmo, Sabtu (29/12), Foxconn masih menjadi rekan manufaktur yang memproduksi iPhone di India. Menggunakan manufaktur lokal Foxconn di India, langkah itu juga sekaligus menandai pertama kalinya Foxconn memproduksi di jajaran flagship iPhone.

Kabarnya, manufaktur Foxconn akan merakit model iPhone paling mahal seperti jajaran iPhone X. Perangkat tersebut akan diproduksi di kota Sriperumbudur, yang terletak di negara bagian selatan Tamil Nadu.

Upaya Appel memindahkan produksi karena pasar India menurutnya sangat menguntungkan. Di India biaya produksi juga terbilang murah sehingga Apple bisa memangkas pengeluaran perusahaan dan dapat memproduksi produk lebih murah agar dapat secara kompetitif terkait harga jual seperti Samsung dan seluruh produk China.

Di India, Foxconn juga telah merakit smartphone untuk Xiaomi. Perusahaan asal Taiwan itu akan menginvestasikan 25 miliar Rupee untuk memperluas pabriknya, termasuk investasi untuk merakit iPhone.

Keutungan lainnya di India juga membantu Apple dan Foxconn mengurangi dampak perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China yang pernah menaikan pajak. Hal itulah yang menyebabkan iPhone menjadi lebih mahal.

Jadi, Apple tidak salah memlihi India untuk merancang iPhone X versi lawas di India. Dengan begitu, Apple kemungkinan mendapatkan keuntungan penjualan yang lebih besar di negara dengan banyak penduduk tersebut.

Sekadar informasi, iPhone X telah dirilis tahun lalu. Kemudian produksi iPhone X menurut analis dihentikan, usai Apple merilis tiga iPhone X generasi baru. Ketiganya meliputi iPhone XS, XS Max, dan iPhone XR yang dirilis September lalu.(mg9/jpnn)


Apple bakal mulai produksi iPhone kelas premium di India mulai tahun depan. Foxconn masih menjadi rekan manufaktur yang memproduksi iPhone di India.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News