Apple Blokir Distribusi iPhone dan Akses App Store di Iran

Apple Blokir Distribusi iPhone dan Akses App Store di Iran
Ilustrasi iPhone X. Foto: AFP

jpnn.com - Pengguna iPhone di Iran harus bersabar. Pasalnya, tanpa ada penjelasan jelas, pihak Apple memblokir layanan App Store kepada pemilik iPhone di Iran.

Selain itu, Apple juga tidak lagi menjual unit iPhone ke masyarakat Iran. Mereka hanya bisa mengimpor produk Apple dari negara lain saja.

Jadi saat ini, Apple benar-benar secara total menghentikan jalur distribusinya ke Iran, termasuk memotong jalur akses App Store dalam kapasitas apapun, dilansir Bleeping Computer.

Hingga kini, belum ada keterangan jelas dari pihak Apple dari apa yang mereka putuskan terhadap pengguna iPhone di Iran.

Banyak sumber menyebutkan, hal itu tidak lain dari kebijakan parlemen AS yang tahun lalu menyetujui sanksi baru terhadap Iran dan kepatuhan Apple di bawah pemerintahan Trump.

Pemilik iPhone di Iran hanya bisa mengakses App Store jika mereka mengarahkan akses internetnya melalui VPN, sehingga terlihat bahwa mereka berada di negara lain, untuk mengakses App Store. Tentu ini bukanlah hal mudah.

Pengguna yang mencoba mengunjungi App Store di Iran sekarang menerima pesan yang berbunyi, "App Store tidak tersedia di negara atau wilayah tempat Anda berada." (mg8/jpnn)


Pengguna iPhone di Iran harus bersabar. Pasalnya, tanpa ada penjelasan jelas, pihak Apple memblokir layanan App Store kepada pemilik iPhone di Iran.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News