Apresiasi Kementan untuk DIY yang Telah Menyalurkan 309.180 Kartu Tani

Apresiasi Kementan untuk DIY yang Telah Menyalurkan 309.180 Kartu Tani
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpol (SYL). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Penerapan kartu tani untuk penebusan pupuk bersubsidi terus ditingkatkan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hingga saat ini tercatat sudah 309.180 lembar kartu tani tersalurkan ke petani. Capaian ini pun mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan pada dasarnya kartu tani merupakan kartu debit seperti ATM, dan bisa digunakan para petani untuk berbagai kebutuhan dan memenuhi keperluan pertaniannya.

 

"Keberadaan kartu tani diharapkan membawa dampak yang positif bagi semua kalangan. Tidak hanya bagi pemerintah dan pihak terkait saja, melainkan yang paling penting adalah manfaat bagi para petani," ujar Mentan yang beken disapa dengan inisial SYL, Sabtu (10/10).

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menjelaskan, dengan memiliki kartu tani, petani mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi.

 

"Dengan adanya kartu tani, nantinya para petani dapat menggunakannya dalam membeli pupuk bersubsidi. Langkah seperti ini juga efektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran," ucap Sarwo.

Dengan kartu tersebut, para petani juga dapat mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan keuangan yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Kartu tani ini pun bisa digunakan untuk memverifikasi data para petani ketika melakukan pengajuan pinjaman kredit usaha.

Realisasi pendistribusian kartu tani di semua kabupaten dan kota di DIY sudah 100 persen kecuali Sleman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News