Apresiasi Maruarar untuk Bang Hariman Siregar

Apresiasi Maruarar untuk Bang Hariman Siregar
Aktivis senior Hariman Siregar saat menghadiri Turnamen Catur Nonmaster Piala Hariman Siregar di Jakarta, Minggu (19/8) malam. Foto: PB Percasi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Maruarar Sirait menyatakan komitmennya untuk memperbanyak turnamen. Menurutnya, turnamen merupakan cara untuk menghasilkan pecatur-pecatur andal dari berbagai daerah di tanah air sekaligus mempererat tali persaudaraan.

Ara - panggilan akrab Maruarar- menyampaikan hal itu di sela-sela Kejuaraan Catur Non-Master Piala Hariman Siregar di Jakarta Pusat, Minggu (19/8) malam. Dalam turnamen bertema Gens Una Sumus atau kita semua bersaudara itu Ara mengatakan, catur merupakan cara memperkuat persahabatan.

Sebagai contoh Ara dengan Hatta Taliwang selaku ketua panitia Turnamen Catur Piala Hariman Siregar sering berseberangan secara politik. Namun, Ara bersahabat baik dengan Hatta.

"Saya dengan Bang Hatta Taliwang sering berbeda dari sisi politik. Tapi dalam hal catur kami sama. Itulah indahnya persahabatan," ujar Ara di acara yang dihadiri para mantan aktivis mahasiswa termasuk Hariman Siregar dan Bursah Zarnubi itu.

Ara menambahkan, catur mengajarkan filosofi tentang menyatukan perbedaan. Politikus PDI Perjuangan itu juga mengharapkan semua pihak bisa tetap bersatu walau ada perbedaan dalam politik.

Dalam kesempatan itu Ara juga berbincang-bincang dengan Hariman dan Bursah. Hariman juga bersahabat dengan politikus senior Sabam Sirait yang juga ayah Ara.

Sebagai anak muda, Ara mengaku salut pada para seniornya. "Apresiasi saya yang tinggi kepada Bang Hariman dan Bang Bursah Zarnubi," katanya.

Sedangkan Hatta mengatakan, Turnamen Catur Piala Hariman Siregar merupakan cara untuk menghormati aktivis senior yang
namanya melekat dengan peristiwa Malari itu. Hatta menjelaskan, Hariman bukan hanya aktivis senior, tapi juga punya kepedulian tinggi terhadap catur.

Politikus muda PDI Perjuangan Maruarat Sirait mengaku hormat kepada aktivis senior Hariman Siregar yang dikenal punya kepedulian tinggi terhadap catur..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News