April 2024, Bandara Soekarno-Hatta Jadi Tersibuk di Kawasan Asia Tenggara

April 2024, Bandara Soekarno-Hatta Jadi Tersibuk di Kawasan Asia Tenggara
Terminal III Bandara Soekarno Hatta. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, TANGERANG - Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk pada April 2024 di kawasan Asia Tenggara, yakni mencapai 3,34 juta penumpang.

Data tersebut berdasarkan OAG Aviation Worlwide Limited, lembaga travel intelijen berbasis di London.

Adapun bandara tersibuk di tempat kedua dan ketiga pada April 2024 menurut OAG adalah Bandara Changi (Singapura) dan Bandara Suvarnabhumi (Bangkok, Thailand).

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan periode angkutan lebaran yang berlangsung pada 3-18 April 2024 turut mendorong Bandara Soekarno-Hatta sebagai yang tersibuk di kawasan ASEAN.

“Periode angkutan lebaran selama 16 hari atau pada 3 - 18 April ini turut mendorong Bandara Soekarno-Hatta menjadi yang tersibuk di Asia Tenggara. AP II selaku operator bandara bersama dengan maskapai, serta didukung penuh regulator, mampu memenuhi tingginya permintaan yang ada selama peak season angkutan lebaran," ujar Cin Asmoro.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda memaparkan pada angkutan lebaran H-7 hingga H+4 (3 - 15 April 2024) jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 2,02 juta orang atau naik 7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,88 juta orang.

Pada H-7 hingga H+4, maskapai juga sudah mengoperasikan sebanyak 994 penerbangan tambahan (extra flight) di Bandara Soekarno-Hatta.

“Kolaborasi yang baik di antara seluruh stakeholder menjadikan operasional dan pelayanan tetap terjaga di tengah tingginya lalu lintas penerbangan. Bandara Soekarno-Hatta beroperasi 24 jam setiap hari dan memastikan ketersediaan slot time penerbangan bagi maskapai untuk bisa melayani perjalanan udara masyarakat pada periode angkutan lebaran. Total, sudah dioperasikan 994 extra flight dan akan terus bertambah lagi,” kata Dwi Ananda.

Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk pada April 2024 di kawasan Asia Tenggara, yakni mencapai 3,34 juta penumpang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News