AQUA Bina Masyarakat Klaten Tingkatkan Perekonomian lewat Bank Sampah

AQUA Bina Masyarakat Klaten Tingkatkan Perekonomian lewat Bank Sampah
Salah satu hasil kerajinan dari bank sampah binaan AQUA Klaten. Foto: dok Danone Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Danone Indonesia, melalui AQUA Klaten membina bank sampah di beberapa desa di Klaten sebagai sarana pengembangan masyarakat sekitar kawasan industri dengan tujuan peningkatan perekonomian setempat.

Danone Indonesia dalam siaran persnya yang diterima Jumat (17/11) upaya itu terbukti berkontribusi terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat sekitar.

Ketua bank sampah Rukun Santoso Sriyono mengatakan fokus pengolahan sampah dan menghasilkan kerajinan tangan atau unit kreasi.

Menurutnya, masyarakat menjual sampah yang sudah dipilah kepada Bank Sampah yang kemudian akan mengolahnya menjadi sebuah kreasi.  

“Selain membuat lingkungan bersih dan sehat, kami juga menambah kesejahteraan masyarakat karena memberdayakan ibu-ibu lansia gunting-gunting sampah hasil olahan untuk isian tas laptop, tas gendong, tas ransel, dan berbagai macam dompet,” tuturnya.

Pria yang tinggal di pinggiran Sungai Pusur di Karanglo, Polanharjo, Klaten itu mengatakan hasil-hasil kreasi dari sampah-sampah olahan itu sudah diekspor hingga ke mancanegara seperti Belanda, Prancis, Swedia, dan India.

“Dari Kedutaan Inggris juga pernah membeli langsung ke sini,” ungkapnya. 

Dengan keberadaan Bank Sampah ini, lanjutnya, sampah-sampah masyarakat juga tidak dibuang lagi ke Sungai Pusur. 

Danone Indonesia, melalui AQUA Klaten membina bank sampah di beberapa desa di Klaten sebagai sarana pengembangan masyarakat sekitar kawasan industri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News