Aqua Solok Luncurkan 'Rumah Produksi Kopi', Nilai Jual Meningkat Pesat

Aqua Solok Luncurkan 'Rumah Produksi Kopi', Nilai Jual Meningkat Pesat
Petani kopi sedang menyortir biji kopi di teras rumahnya, sebagian dijemur di atas atap. Foto dok. Danone AQUA 

jpnn.com, JAKARTA - PT Tirta Investama atau Aqua Solok mengembangkan perekonomian warga lewat program tanggung jawab sosial (CSR)

Berdiri sejak 2013 di Kabupaten Solok, Aqua telah melakukan beragam pelatihan, pendampingan hingga pengembangan teknik pembibitan dan tanam kepada kelompok tani di wilayah tersebut. Sebut saja pengembangan kebun stroberi, budidaya maggot, penanaman kopi hingga sayuran aquaponik.

Teranyar, mendirikan rumah produksi kopi di Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Rumah produksi kopi itu pun mampu meningkatkan perekonomian petani dan masyarakat sekitar.

Ketua Kelompok Tani Kopi Kayu Aro, Dori mengaku sangat terbantu dengan keberadaan rumah produksi tersebut. Dia mengatakan, manfaat tidak hanya dirasakan oleh kelompok tani saja tetapi juga masyarakat sekitar.

Sebelum ada rumah produksi, para petani kopi di Kayu Aro harus menjual panen mereka jauh ke luar daerah dengan harga murah. Dori mengatakan, keberadaan rumah produksi memudahkan para petani menjual panen kopi dengan mengikuti harga pasar.

"Berapa harga pasaran, kami juga membeli dengan harga segitu," kata Dori dalam keterangan resmi Aqua yang dikutip, di Jakarta, Jumat (27/10).

Mitra Pelaksana CSR AQUA Solok, Human Initiative (HI) menyatakan dengan adanya rumah produksi ini, petani juga bisa mengelola ceri kopi merah menjadi grean bean.

PT Tirta Investama atau Aqua Solok mengembangkan perekonomian warga lewat program tanggung jawab sosial (CSR) dengan membangun Rumah Produksi Kopi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News