Aquagriculture Mulai Dikembangkan di Bogor

Aquagriculture Mulai Dikembangkan di Bogor
Sayuran yang dihasilkan dari metode Aquagriculture. Foto: dok. Elon Farm

jpnn.com, BOGOR - Inovasi pertanian modern dan ramah lingkungan berbasis akuakultur, yakni aquagriculture mulai dikembangkan di Bogor, Jawa Barat.

Penelitian ini dilakukan di Elon Farm ini telah berhasil dan sudah dikembangkan di bebebarapa titik di wilayah Jawa Barat.

"Ini adalah sebuah inovasi yang merupakan penggabungan dari sistem RAS (Recisrculation Aquaculture System) dengan metode pertanian hidroponik," kata Joel, peneliti Elon Farm, di Bogor, Selasa (11/8).

Doktor lulusan IPB ini mengatakan, sistem tersebut bisa menjadi solusi akan ancaman kekurangan bahan pangan.

"Metodenya sendiri kami beri nama OS-Aquaponica, disini kami membudidayakan ikan nila merah dan udang galah serta sayuran," lanjutnya seraya menyebut informasi jelas bisa dilihat di sosial media  IG @elonfarm.

Mengenai konsep OS-Aquaponica, lanjut Joel, secara umum terlihat berupa bak-bak pemeliharaan ikan, dan bak pemeliharaan udang galah yang dipadu dengan sayuran yang tumbuh dengan system floating.

Metode ini tidak menghasilkan limbah karena kotoran ikan diproses jadi pupuk sayuran dan sisa sayuran di blender untuk jadi pakan ikan.

Penggunaan air juga sangat minim karena sistem resirkulasi air dan hanya menambahkan 2-2.5 persen air setiap hari akibat penguapan.

Inovasi pertanian modern dan ramah lingkungan berbasis akuakultur, yakni aquagriculture mulai dikembangkan di Bogor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News