Arab Saudi Gandeng Italia Gelar Piala Dunia 2030

Arab Saudi Gandeng Italia Gelar Piala Dunia 2030
Ilustrasi Piala Dunia FIFA 2030 (ddn)

jpnn.com - Negara Arab Saudi sedang mempertimbangkan menjadi tuan rumah bersama Italia untuk Piala Dunia 2030.

Keberhasilan Italia meraih gelar Euro 2020 membuat Arab Saudi kepincut menggandeng Italia sebagai mitra dalam penyelenggaraan Piala Dunia.

Tuan rumah bersama itu sangat memungkinkan karena mulai Piala Dunia 2026 akan banyak negara peserta yang ikut. Sekitar 48 negara nantinya akan bertarung memperebutkan gelar bergengsi sepak bola di seluruh negara.

Untuk itu dalam rangka menghemat biaya, tuan rumah bersama dimungkinkan bisa memangkas pengeluaran keuangan selama penyelenggaraan.

Konsultan global yang berbasis di Amerika Serikat bernama Boston Consultancy Group ada di belakang pencalonan kedua negara dalam menyelenggarakan ajang Piala Dunia.

Salah satu saran yang diberikan perusahaan itu di antaranya Arab Saudi membentuk tim dengan Mesir dan Maroko untuk membuat "MENA bid" (Timur Tengah dan Afrika Utara) yang akan menyatukan konfederasi sepak bola Afrika dan Asia.

Kabar pencalonan tuan rumah bersama ini kemudian ditanggapi oleh Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gabriele Gravina menyebut akan meninjau ulang tawaran Arab Saudi ini.

Menurut dia, menjadi tuan rumah bersama juga dibidik Italia selain ingin maju di pencalonan tuan rumah Piala Eropa tahun 2028.

Negara Arab Saudi sedang menjajaki kerja sama dengan Italia untuk menyelenggarakan Piala Dunia pada 2030

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News