Ardhito Pramono Ungkap Cerita di Balik Lagu Wijayakusuma

Ardhito Pramono Ungkap Cerita di Balik Lagu Wijayakusuma
Ardhito Pramono. Foto: Dok. Aksara Records

jpnn.com, JAKARTA - Solois asal Jakarta, Ardhito Pramono meluncurkan single terbaru berjudul Wijayakusuma pada Kamis (7/7).

Wijayakusuma menjadi karya perdana dirinya setelah menyelesaikan masa rehabilitasi, sekaligus penanda kembalinya label rekaman Aksara Records setelah hampir 13 tahun tidak beroperasi.

Lagu tersebut diproduseri oleh Gusti Irwan Wibowo dan ditulis bersama Narpati ‘Oomleo’ Awangga.

Ardhito Pramono mulai menciptakan Wijayakusuma sejak awal 2021, ketika dirinya menjadi saksi penggusuran kawasan asri di Canggu, Bali, demi vila yang akan dibangun oleh warga negara asing.

Awalnya, dia ingin mengritik peristiwa tersebut lewat sebuah lagu, sebelum Oomleo membalas kritik Ardhito sebab karya-karyanya yang minim sentuhan Indonesia.

Ardhito pun menggeser perspektif idenya dan melahirkan Wijayakusuma, tembang pop Indonesiana dua babak yang bercerita seputar eksistensial diri.

Pada babak pertama, Ardhito mempertanyakan makna hidup dengan iringan khidmat piano, orkestrasi yang lirih, juga adakalanya sahut paduan suara.

"Banyak kecemasan gue akan guna gue apa, ya? Gue musisi, main film, penyiar juga. Terus apa? Malah jadi mempertanyakan fungsi diri gue. Gue cerita banyak ke Oomleo, untuk itu akhirnya gue sertakan dalam lirik," kata Ardhito Pramono, Kamis (7/7).

Solois asal Jakarta, Ardhito Pramono meluncurkan single terbaru berjudul Wijayakusuma pada Kamis (7/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News