Argentina Legalkan Perkawinan Gay dan Lesbian

Argentina Legalkan Perkawinan Gay dan Lesbian
PENDUKUNG - Sepasang kekasih homoseksual tampak berciuman di luar gedung Kongres Argentina, di sela aksi mereka mendukung keluarnya aturan yang melegalkan pernikahan sejenis. Foto: Natacha Pisarenko/AP.
BUENOS AIRES – Argentina menorehkan sejarah baru. Kamis (15/7) kemarin, Argentina secara resmi melegalkan perkawinan sejenis, sekaligus menjadi negara pertama di Amerika Latin yang memberi perlakuan sama terhadap kaum gay dan lesbian dalam hak untuk menikah.

Namun tak mudah bagi Argentina untuk memiliki undang-undang yang melegalkan perkawinan sesama jenis. UU itu dicapai setelah melalui debat panjang di parlemen Argentina. Dalam proses pengambilan keputusan atas RUU Pernikahan sejenis, 33 senator menyetujuinya, 27 menolak dan tiga lainya memilih abstain.

Seperti dilaporkan Associated Press, setelah pengambilan keputusan di senat yang berlangsung hingga pukul 04.00 pagi itu, Presiden Cristina Fernandez yang juga menjadi pendukung RUU langsung mengesahkannya sehingga UU Perkawinan Sejenis efektif berlaku.

Perdebatan dalam pengambilan keputusan atas RUU Perkawinan Sejenis berlangsung hingga 16 jam. Di luar parlemen, pihak yang pro dan kontra juga menggelar aksi di tengah malam yang dingin.

BUENOS AIRES – Argentina menorehkan sejarah baru. Kamis (15/7) kemarin, Argentina secara resmi melegalkan perkawinan sejenis, sekaligus menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News