Ari Nurcahyo Sebut PSI Berpotensi Memperkuat KIB, Nih Alasannya

Ari Nurcahyo Sebut PSI Berpotensi Memperkuat KIB, Nih Alasannya
Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai Partai Solidaritas Indonesia (PSI) punya potensi besar untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Ari mendasarkan analisisnya pada sikap PSI terhadap politik identitas. Selain itu, dukungan PSI pada pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Di sisi lain, KIB berulang kali menegaskan keseriusan untuk menghindari polarisasi, menolak politik identitas, dan melanjutkan program Jokowi.

“Saya pikir dua hal ini soal menjaga persatuan, menolak politik identitas, dan bagaimana meneruskan capaian Pak Jokowi untuk periode berikutnya. Kesamaan platform itu potensial buat PSI untuk bergabung,” ujar Ari di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Menurut Ari, PSI mempunyai rekam jejak yang begitu keras dalam menolak politik identitas.

Dengan demikian, potensi pengabungan itu menjadi besar ketika melihat proyeksi Pemilu 2024 yang kemungkinannya juga masih memunculkan politik identitas.

"Dalam konteks itu sebenarnya apa yang menjadi harapan PSI terkait Pemilu 2024 itu sejalan dengan platform KIB yang beberapa kali ditegaskan soal bagaimana kita menjaga persatuan dan menolak segala bentuk politik identitas yang potensinya cukup kuat di 2024," ujar Ari.

Selain itu, PSI juga dinilai memiliki loyalitas pada Presiden Jokowi dan memiliki semangat untuk melanjutkan capaian pemerintahan saat ini.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai Partai Solidaritas Indonesia punya potensi besar untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News