Rabu, 22 Agustus 2018 – 06:38 WIB

Arogansi Trump Kacaukan KTT G7

Senin, 11 Juni 2018 – 12:24 WIB
Arogansi Trump Kacaukan KTT G7 - JPNN.COM

jpnn.com, LA MALBAIE - KTT G7 di La Malbaie, Quebec, Kanada, tak berjalan mulus. Kenaikan tarif impor logam di Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu penyebabnya.

Presiden AS Donald Trump tak mau berkompromi. Dia tetap melanjutkan rencananya. Kebijakan itu membuat negara-negara anggota G7 berang.

Trump akhirnya meninggalkan pertemuan tersebut lebih awal dan menegaskan tak bakal mendukung pernyataan bersama yang dihasilkan oleh KTT itu.

Pertemuan itu memang diperkirakan berlangsung panas. Namun, tetap muncul harapan bahwa akan ada kesepakatan di akhir KTT yang disetujui semua pihak. Tapi, harapan tersebut tak kunjung tercapai.

Salah satu foto KTT seakan menunjukkan bagaimana seluruh anggota G7 menyerang Trump. Mereka berdiri di hadapan presiden ke-45 AS itu. Trump menjadi satu-satunya yang duduk sambil bersedekap.

Mulai 1 Juni, AS menerapkan pajak 25 persen untuk baja dan 10 persen untuk aluminium yang diimpor dari Uni Eropa (UE), Kanada, serta Meksiko. Trump berpendapat itu bisa melindungi produsen domestik.

UE membalas dengan memajaki barang-barang dari AS. Kanada dan Meksiko mengambil langkah serupa. Belum diketahui apa yang akan dilakukan. Tapi, Kanada menegaskan akan membuat kebijakan baru untuk AS per 1 Juli.

Setelah meninggalkan forum G7, Trump langsung mencuit. Dia mengungkapkan bahwa PM Kanada Justin Trudeau bersikap lemah lembut saat KTT berlangsung.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar