Arsjad Rasjid Sebut Sudah Waktunya Kadin Berubah

Arsjad Rasjid Sebut Sudah Waktunya Kadin Berubah
Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Tengah Kukrit Suryo Wicaksono (kiri) berfoto bersama Calon Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026 Arsjad Rasjid saat bersilaturahmi ke Kadin Jawa Tengah di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (23/5). Foto: Dok. Kadin

jpnn.com, SEMARANG - Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia harus bisa menyesuaikan diri dengan zaman.

Dengan demikian, Kadin bisa lebih maksimal membantu pemerintah menjawab permasalahan-permasalahan ekonomi di Indonesia

“Kita juga harus melihat anggaran dasar. Tidak perlu tabu atau melihat, apa perlu kita mengubah anggaran dasar. Mengapa, yang paling kecil adalah zaman sudah berbeda,” ujar Arsjad Rasjid pada acara silaturahmi dengan pengurus Kadin Jawa Tengah di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (23/5/2021).

Struktur di Kadin, menurut Arsjad Rasjid yang juga merupakan calon ketua umum Kadin Indonesia Periode 2021 - 2026 itu, juga harus disesuaikan.

Dia mengatakan idealnya struktur di Kadin menyesuaikan dengan susunan kabinet di pemerintahan sehingga dapat terjalin komunikasi dan kerja sama yang maksimal.

“Saya menawarkan, mungkin sudah waktunya, struktur organisasi Kadin, kita sesuaikan, kita ubah karena zaman dan perubahan yang ada, dan kompleksitas yang ada pada saat ini,” ujar Arsjad.

Arsjad yang juga tercatat sebagai Direktur Utama PT Indika Energy Tbk itu mencontohkan, jika di pemerintahan terdapat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), maka di Kadin juga harus ada jabatan yang kurang lebih serupa sehingga bisa terjalin komunikasi dan kerja sama yang maksimal.

“Menteri Keuangan, kita juga ada menteri keuangan. Di pemerintah ada Dirjen Pajak, kita juga ada Dirjen Pajak. Ada Dirjen Energi Terbarukan, kita juga ada Dirjen Energi Terbarukan supaya seperti main bola, man to man marking,” ujar Arsjad.

Menurut Arsjad Rasjid, struktur Kepengurusan Kadin yang menyerupai struktur pemerintahan juga bisa menjawab permasalahan ego sektoral yang terjadi di antara kementerian tertentu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News