Arti Kerja, Kerja, Kerja Bagi Dahlan Iskan

Arti Kerja, Kerja, Kerja Bagi Dahlan Iskan
Dahlan Iskan. Foto: JPNN.com

jpnn.com - MAKASSAR - Enam peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat (PD) melakukan debat bernegara di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/3). Debat ini merupakan sesi kedua dari rangkaian acara konvensi kedelapan yang berlangsung di Grand Clarion & Convention dengan mengambil tema mengenai masalah hukum dan ekonomi.

Keenam peserta adalah Dino Patti Djalal, Edriartono Sutarto, Dahlan Iskan, Sinyo Harry Sarundajang, Hayono Isman dan Ali Masykur Musa. Para peserta sepakat bahwa hukum harus dijadikan panglima dalam penanganan pelanggar hukum seperti terorisme, korupsi, Hak Asasi Manusia (HAM) dan narkoba.

"Teroris, narkotika, korupsi, dan pelanggaran HAM, Ini semua tingkat kejahatan yang luar biasa sehingga harus diselesaikan secara luar biasa," kata Sinyo yang mendapat kesempatan pertama menjawab pertanyaan dari penguji.

Sementara Ali Masykur mengatakan para pelanggar hukum yang luar biasa ini perlu dijerat seberat-beratnya. Kata dia, pilihannya ada dua, yakni hukuman mati atau pemiskinan dengan dasar kemanusian, pemulihan keuangan negara dan efek jera untuk koruptor.

Endriartono Sutarto sendiri lebih menekankan pada penegak hukum yang perlu dibersihkan dulu. Ia mengumpamakan dengan lantai yang kotor harus dibersihkan dengan sapu yang bersih. Makanya, presiden 2014 yang akan datang harus memilih Jaksa Agung dan Kapolri yang bersih dalam mereformasi aparat penegak hukum.

"Presiden yang akan datang menunjuk siapa Jaksa Agung dan Kapolri untuk melakukan perombakan ke dalam. Penegak hukum yang kotor harus dibersihkan," ucapnya.

Beda halnya dengan Hayono Isman yang tak sepakat dengan hukuman mati, walaupun setuju pelanggar hukum dipidana seberat-beratnya sebagai efek jera. "Tidak setuju hukuman mati kepada bandar narkoba karena kematian adalah urusan Allah," ucapnya.

Dahlan Iskan sendiri yang menjawab pertanyaan moderator langsung menohok pada tataran teknis. Ia mengatakan masalah penegakan hukum tidak bisa teratasi hanya sebatas wacana dan dipidatokan.

MAKASSAR - Enam peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat (PD) melakukan debat bernegara di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/3). Debat ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News