Artis-artis Saji Dorong Patenkan Jamu Temulawak

Eka KD: Minum Jamu Bisa Tingkatkan Nafsu Makan dan Langsingkan Tubuh

Artis-artis Saji Dorong Patenkan Jamu Temulawak
Eka KD (tengah) bersama sejumlah artis dan pemain sinetron memperlihatkan jamu temulawak asli Indonesia di Studio Camel, Jakarta Timur. Foto: Agus Srimudin/JPNN
JAKARTA – Sekumpulan artis membentuk Solidaritas Artis untuk Jamu Indonesia (Saji). Pembentukan ini karena tak terima dengan sikap Amerika Serikat yang mengklaim dan mempatenkan jamu temulawak (curcuma xanthorrhiza l) sebagai milik negara adikuasa itu, padahal temulawak merupakan tanaman asli Indonesia.

“Kami para artis dan pekerja seni berempati untuk mendirikan Pusat Studi Temulawak Nasional, dengan mendirikan Solidaritas Artis untuk Jamu Indonesia (Saji). Kami mendesak pemerintah Indonesia untuk care dan fokus pada persoalan ini. Kami ini adalah peminum jamu sejak turun temurun, temulawak, kunyit, jahe, dan bahan jamu,” kata Ketua Umum Saji, Eka Wita, di Studio and Café Camel, Jl Jatinegara Barat, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Minggu.

Eka KD yang merupakan pemain film Rintihan Kuntil Anak Perawan bersama aktris hot Amrik, Tera Patrick, itu menyatakan sudah mendapat dukungan dari teman-temannya sesama artis untuk memperjuangkan temulawak dipatenkan di Indonesia. Beberapa artis yang memberi dukungan itu, antara lain Angel Lelga, musisi senior Fariz RM, serta beberapa pemain sinetron dan model, seperti Ferry, Lia-Trio Macan, dan Aida Saskia.

“Kami akan lakukan sosialisasi tentang pentingnya temulawak. Selain bisa membantu mengobati bekas orang OD, temulawak juga menurunkan kadar kolestreol tinggi, anemia atau kurang darah, melancarkan peredaran darah, ambien, menambah nafsu makan, meningkatkan stamina, serta kandungan xanthorrhizol dalam temulawak mampu membasmi bakteri patogen penyebab karang gigi."

JAKARTA – Sekumpulan artis membentuk Solidaritas Artis untuk Jamu Indonesia (Saji). Pembentukan ini karena tak terima dengan sikap Amerika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News