Rabu, 17 Juli 2019 – 11:30 WIB

Artis-artis Saji Dorong Patenkan Jamu Temulawak

Minggu, 21 November 2010 – 12:01 WIB
Artis-artis Saji Dorong Patenkan Jamu Temulawak - JPNN.COM

Eka KD (tengah) bersama sejumlah artis dan pemain sinetron memperlihatkan jamu temulawak asli Indonesia di Studio Camel, Jakarta Timur. Foto: Agus Srimudin/JPNN

JAKARTA – Sekumpulan artis membentuk Solidaritas Artis untuk Jamu Indonesia (Saji). Pembentukan ini karena tak terima dengan sikap Amerika Serikat yang mengklaim dan mempatenkan jamu temulawak (curcuma xanthorrhiza l) sebagai milik negara adikuasa itu, padahal temulawak merupakan tanaman asli Indonesia.

“Kami para artis dan pekerja seni berempati untuk mendirikan Pusat Studi Temulawak Nasional, dengan mendirikan Solidaritas Artis untuk Jamu Indonesia (Saji). Kami mendesak pemerintah Indonesia untuk care dan fokus pada persoalan ini. Kami ini adalah peminum jamu sejak turun temurun, temulawak, kunyit, jahe, dan bahan jamu,” kata Ketua Umum Saji, Eka Wita, di Studio and Café Camel, Jl Jatinegara Barat, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Minggu.

Eka KD yang merupakan pemain film Rintihan Kuntil Anak Perawan bersama aktris hot Amrik, Tera Patrick, itu menyatakan sudah mendapat dukungan dari teman-temannya sesama artis untuk memperjuangkan temulawak dipatenkan di Indonesia. Beberapa artis yang memberi dukungan itu, antara lain Angel Lelga, musisi senior Fariz RM, serta beberapa pemain sinetron dan model, seperti Ferry, Lia-Trio Macan, dan Aida Saskia.

“Kami akan lakukan sosialisasi tentang pentingnya temulawak. Selain bisa membantu mengobati bekas orang OD, temulawak juga menurunkan kadar kolestreol tinggi, anemia atau kurang darah, melancarkan peredaran darah, ambien, menambah nafsu makan, meningkatkan stamina, serta kandungan xanthorrhizol dalam temulawak mampu membasmi bakteri patogen penyebab karang gigi."

“Kami juga sedang menyiapkan terapis khusus di Camel ini, agar selain sebagai studio games, CM Production, kami juga menjadikan tempat arisan artis dan café ini sebagai tempat pertama terapis dengan temulawak. Bahan bakunya kami jalin kerja sama dengan para pengelola jamu tradisional di Jawa,” kata Eka.(gus/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar