Artis Helmalia Putri Lapor Kecurangan ke DKPP

Artis Helmalia Putri Lapor Kecurangan ke DKPP
Helmalia Putri Lapor Kecurangan ke DKPP. Getty Images

jpnn.com - Merasa dicurangi di dapilnya, artis yang juga menjadi calon anggota legislatif Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau 1, Helmalia Jelita Putri mengadu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Helmalia yang didampingi kuasa hukum Gerindra, Mahendradata, dalam aduannya disebutkan jika pihaknya telah dirugikan dengan penyusutan suara yang diperoleh.

"Waktu tanggal 5 Mei itu direkap di KPU Kota Batam, kita dapat suara 91 ribu, sedangkan saat masuk di KPU Provinsi itu hilang 30 ribu suara," kata Mahendra kepada wartawan di DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (13/5).

Selain itu, Mahendra juga mengungkapkan, di Dapil Keppri 1 terdapat tiga formulir C1 yakni dua di antara berhologram yang semuanya berbeda perolehan suaranya. Sedangkan, KPU Kota Batam dan KPU Provinsi Keppri dalam mensahkan rekapitulasi suara menggunakan formulir C1 yang tidak berhologram.

"Ini aneh, harusnya yang berhologram itu C1 nya ada satu ini ada dua, tapi yang dipakai formulir C1 yang tidak berhologram, ketiganya itu ada tanda tangannya lengkap sama. Kita sudah meminta keberatan, tapi dilewati juga, buktinya tetap disahkan di tingkat nasional," cetus Mahendra.

Helmalia berharap, DKPP bisa mengusut dugaan kecurangan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu di dapilnya. Karena menurutnya, tidak hanya dirinya yang merasa dirugikan atas kejadian tersebut.

"Ini caleg Hanura juga dan partai lain juga merasa banyak yang dirugikan karena tahapan pemilu yang seperti ini, kita minta DKPP bisa membuka kebenaran. Kita punya bukti, dari beberapa saksi," kata Helmalia.

Helmalia beserta tim kuasa hukumnya diterima oleh Kepala Bagian Pengaduan DKPP Dini Yamashita. (wid/jpnn)


Merasa dicurangi di dapilnya, artis yang juga menjadi calon anggota legislatif Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau 1, Helmalia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News