Arus Balik Libur Natal, Pertamax dan Pertamina Dex Meningkat

Arus Balik Libur Natal, Pertamax dan Pertamina Dex Meningkat
Dispenser bahan bakar minyak di SPBU yang menyediakan Pertalite, Pertamax dan Premium. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Arus Balik libur Natal mulai memadati jalan tol menuju Jakarta pada hari ini, Selasa (25/12). Hal ini otomatis menyebabkan peningkatan kebutuhan BBM jenis Gasoil (bahan bakar mesin diesel) dan gasoline (bahan bakar mesin bensin).

Berdasarkan pengamatan data satgas Pertamina hari ini, peningkatan gasoline mencapai rata-rata sekitar 10 persen. Beberapa yag mengalami peningkatan yakni BBM jenis Pertamax.

VP Corporate Communications Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan peningkatan Pertamax sesuai dengan prediksi awal.

"Konsumen memilih Pertamax karena beberapa pertimbangan antara kesesuaian dengan spesifikasi mesin dan efisiensi penggunaan bahan bakar," ujar Adiatma.

Peningkatan juga terjadi pada jenis gasoil atau bahan bakar mesin diesel. Selain itu, Pertamina Dex juga meningkat konsumsinya sebesar 9 persen. 

"Pertamina Dex ini bahan bakar untuk kendaraan bermotor dengan mesin diesel modern. Saat ini, banyak konsumen yang menggunakan SUV mesin diesel keluaran terbaru yang spesifikasi mesinnya membutuhkan bahan bakar diesel dengan cetana number 53 yang memiliki performa lebih tinggi," jelas dia. 

Pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2018 ini Pertamina memprediksi peningkatan konsumsi BBM akan terjadi pada sekitar 27, 29, dan 31 Desember 2018 dan akan kembali terjadi pada 5 Januari 2018. 

Mengantisipasi hal tersebut, Pertamina menyiagakan seluruh sumber daya layana retailnya dan menjaga ketersediaan stok BBM dalam posisi aman.(chi/jpnn)


Pertamina Dex ini bahan bakar untuk kendaraan bermotor dengan mesin diesel modern. Saat ini, banyak konsumen yang menggunakan SUV mesin diesel keluaran terbaru


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News