Arus Balik Mulai Padat, Truk juga Sudah Masuk Tol

Arus Balik Mulai Padat, Truk juga Sudah Masuk Tol
Kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, di masa libur lebaran. Foto: Radar Bogor/Jawa Pos Group

jpnn.com, JAKARTA - Puncak arus balik lebaran diperkirakan akan berlangsung hari ini (29/6). Hingga malam tadi (28/6) kendaraan pemudik mulai memadati ruas-ruas jalan menuju Jakarta.

Kepadatan mulai terasa sejak petang. Pada pukul 19.30, kepadatan mulai terlihat di ruas tol Karawang Barat KM 47 - KM 42 arah Jakarta.

Di KM 42, kendaraan sangat padat keluar masuk ke rest area. Dari arah selatan, kepadatan terjadi di ruas Cimanggis terutama KM 18 hingga 19. Dari arah timur, kepadatan mulai membayangi Dawuan Km 69 sampai ke Karawang Timur.

Meski demikian, tidak hanya lalu lintas arah Jakarta saja yang padat, ruas tol Jagorawi justru dipadati kendaraan yang menuju ke arah selatan menuju Puncak ataupun sekitarnya.

Operator Jasa Marga Dhimas mengungkapkan bahwa sejak pukul 21.00 mulai diberlakukan sistem satu arah. “Mulai dari Ciawi hingga pos Polingga padat arus prioritas ke arah selatan,” katanya.

Sementara itu, pemerintah akan mulai membuka ruas tol darurat atau jalur tol fungsional sejak hari ini pukul 06.00 pagi untuk satu arah menuju Jakarta.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa menuturkan, sejak kemarin arus balik memang sudah terasa. Namun, dia memprediksi kepadatan bakal naik signifikan mulai besok (30/6).

”Akan lebih meningkat karena truk juga sudah masuk,” ungkap perwira tinggi Polri yang biasa dipanggil Royke itu.

Puncak arus balik lebaran diperkirakan akan berlangsung hari ini (29/6). Hingga malam tadi (28/6) kendaraan pemudik mulai memadati ruas-ruas jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News