Arus Balik Padat, Waktu Tempuh Semarang-Jakarta Tembus 20 Jam

Arus Balik Padat, Waktu Tempuh Semarang-Jakarta Tembus 20 Jam
MACET: Tol Cipali yang mengalami kemacetan akibat arus balik, Sabtu (1/7) sehingga pengendara menghentikan kendaraan di tepi jalan untuk beristirahat. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Lalu lintas arus balik ke Jakarta pada H+6 atau Sabtu (1/7) Idulfitri sangat padat. Kementerian Perhubungan dan Polri sudah memperkirakan puncak arus balik akan berlanjut pada hari ini (2/7).

Kemarin, jalur pantai utara (Pantura) Jawa ataupun Tol Cipali hingga Cikampek-Jakarta sangat padat. Kemacetan pun tak terhindarkan.

Untuk sampai di Jakarta dengan titik start dari Semarang membutuhkan waktu tak kurang dari 20 jam. Waktu tempuh itu sudah termasuk istirahat beberapa menit di rest area dan juga mengisi bahan bakar di SPBU.

Kemacetan tentu menguras energi. Selain itu, macet juga membuang bahan bakar.

Rest area yang berada di sepanjang tol Cipali hingga Cikampek pun penuh pengunjung. Apalagi saat pukul 21.00 WIB, antrean rest area hingga berkilo-kilometer.

Sebagian besar memilih untuk berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan. Sebagian lagi hanya sekadar istirahat beberapa menit, kemudian lanjut lagi.

Para pemudik yang memilih berhenti ini tanpa sungkan tidur di tempat terbuka, wilayah rest are‎a. Banyak di antaranya yang tidak sanggup untuk meneruskan perjalanan karena kecapean. Mereka tidak lagi peduli dengan kondisi rest area yang bau pesing dan kotor.

"Alhamdulillah bisa sampai Jakarta juga setelah 20 jam di jalanan. Kalau harus menunggu di rest area, bakal macet lagi," kata Satrio, pemudik asal Surabaya, Minggu (2/7) dini hari.

Lalu lintas arus balik ke Jakarta pada H+6 atau Sabtu (1/7) Idulfitri sangat padat. Kementerian Perhubungan dan Polri sudah memperkirakan puncak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News