Arus Balik TKI di Kalbar Belum Signifikan

Arus Balik TKI di Kalbar Belum Signifikan
Arus Balik TKI di Kalbar Belum Signifikan
PONTIANAK— Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kalimantan Barat, Cristovel De Haan mengungkapkan, arus balik TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang melalui Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Entikong, Kabupaten Sanggau belum mengalami lonjakan signifikan. Dia memperkirakan sampai hari ini baru sekitar 20-30 persen TKI yang sudah kembali ke Malaysia usai libur lebaran.

“Memang ada kecenderungan kenaikan lalu lintas TKI di Entikong, tetapi hanya sekitar 10 persen sehari. Mereka rata-rata adalah TKI yang kemarin pulang cuti lebaran,” ujarnya, Jumat (18/9).

Sebelumnya, TKI tersebut mudik ke Indonesia sekitar H-3 lebaran. Ketika puncak arus mudik terjadi, dalam sehari jumlah TKI yang melintasi pintu masuk Entikong mencapai 200-300 orang. Tetapi saat ini jumlah pelintas batas yang terpantau hanya 100 orang sehari atau kurang.

Berdasarkan data BP3TKI Kalbar, jumlah TKI yang secara resmi disalurkan ke Malaysia selama tahun 2010 (per Agustus) adalah 3.500 orang. Itu belum termasuk TKI ilegal atau yang penempatannya bukan melalui BP3TKI. “Kalau di luar itu, banyak sekali. Mereka rata-rata masuk ke Malaysia pakai paspor kunjungan, setelah tiba di sana baru mencari kerja. Mereka tidak terdata oleh kita,” jelasnya.

PONTIANAK— Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kalimantan Barat, Cristovel De Haan mengungkapkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News