AS Ajari RI Kalkulasikan Anggaran TNI

AS Ajari RI Kalkulasikan Anggaran TNI
AS Ajari RI Kalkulasikan Anggaran TNI
JAKARTA – Walau dalam negeri sedang dihantam badai krisis, kepercayaan Amerika Serikat tidak berkurang untuk berbagi ilmu dengan negara lain. Kemarin sejumlah perwira di lingkungan Dephan dan TNI mendapat bimbingan teknis tentang proses pengelolaan anggaran oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

”Sebenarnya sejak 2006 Dephan RI dan pemerintah AS telah menyepakati dimulainya kajian komprehensif mengenai proses-proses pengelolaan sumber daya pertahanan melalui Program Defence Resource Management Study,” ujar Menhan Juwono Sudarsono setelah membuka acara itu di gedung Dephan, Jakarta, kemarin (15/12).

Menurut Juwono, hal itu seiring dengan instruksi presiden sejak 2004. ”Kita membuat perencanaan pertahanan didasarkan kemampuan anggaran sesuai prinsip pertahananan trimatra terpadu,” katanya. Indonesia menganut prinsip pertahanan berdasar uang yang disediakan negara.

”Dephan dalam APBN berada di urutan ketiga setelah DPU dan Diknas dengan jumlah hanya 30 persen dari yang diajukan senilai Rp 115 triliun untuk mengawal seluruh wilayah di Indonesia,” ujar mantan Dubes RI untuk Inggris itu.

JAKARTA – Walau dalam negeri sedang dihantam badai krisis, kepercayaan Amerika Serikat tidak berkurang untuk berbagi ilmu dengan negara lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News