AS Akhirnya Bakal Mencabut Xiaomi dari Daftar Hitam Perdagangan

AS Akhirnya Bakal Mencabut Xiaomi dari Daftar Hitam Perdagangan
Xiaomi. Foto: Official Xiaomi

jpnn.com - Xiaomi Corp akhirnya bisa berbisnis dengan tenang setelah muncul rencana Departemen Pertahanan AS menghapus mereka dari daftar hitam pemerintah.

Berdasarkan informasi dari berkas pengadilan, pemerintah AS dan Xiaomi sepakat untuk menyelesaikan proses pengadilan yang masih berlangsung tentang ketegangan antara keduanya.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Emily Horne menyatakan pemerintahan Presiden Joe Biden sangat prihatin tentang potensi investasi di negara tersebut di perusahaan yang berkaitan dengan militer China dan berkomitmen penuh untuk menekan perusahaan seperti itu.

Sementara itu, juru bicara Xiaomi menyatakan mereka memantau perkembangan terkini, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Juru bicara Departemen Kehakiman dan Departemen Pertahanan AS tidak memberikan pernyataan atas kasus tersebut.

Pemerintah AS, saat masih dipimpin Presiden Donald Trump, menaruh Xiaomi di daftar hitam karena menduga perusahaan tersebut berafiliasi dengan militer China.

Tujuh perusahaan asal China lainnya juga masuk dalam daftar hitam AS.

Xiaomi membalas tuduhan tersebut ke pengadilan, menyatakan bahwa yang dilakukan AS melanggar hukum dan inkonstitusional serta membantah afiliasi dengan militer China. (reuters/ant/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Xiaomi Corp akhirnya bisa berbisnis dengan tenang setelah muncul rencana Departemen Pertahanan AS menghapus mereka dari daftar hitam pemerintah.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News