AS Kirim Kapal Perusak USS Lassen ke Laut China Selatan

AS Kirim Kapal Perusak USS Lassen ke Laut China Selatan
USS Lassen. Foto: wikipedia

jpnn.com - WASHINGTON - Ketegangan yang terjadi di Laut China Selatan bakal kian panas. Amerika Serikat yang mengklaim diri peduli dengan kepentingan sekutunya di kawasan itu, dikabarkan akan segera mengirim kapal perangnya.

Dilansir dari AFP, Selasa (27/10), salah seorang pejabat AS mengonfirmasi bahwa Paman Sam bakal mengirim kapal perusak USS Lassen ke pulau buatan yang sedang dibangun Tiongkok (China) di Kawasan Maut itu.

Nantinya, USS Lassen akan berpatroli paling tidak 12 mil dari Kepulauan Spratly.

"Kami sudah beroperasi secara rutin di Laut China Selatan dan kami akan bebas berlayar di perairan internasional," tandas pejabat AS itu.

USS Lassen, katanya dikerahkan untuk memastikan keamanan navigasi. Rencana aksi AS ini sudah mendapatkan reaksi keras dari Tiongkok. Sebuah editorial di Global Times menyebutkan bahwa Partai Komunis di Tiongkok mengutuk provokasi dan pemaksaan pihak Washington. Mereka pun mendesak pemerintah untuk menggunakan kekuatan militer jika AS terus mengganggu kepentingan Tiongkok.

AS Kirim Kapal Perusak USS Lassen ke Laut China Selatan

Diketahui aksi saling klaim sudah mewarnai ketegangan di kawasan yang tampak di peta menjadi bagian dari Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Vietnam, Tiongkok dan belakangan Taiwan juga menjadi negara keenam. (adk/jpnn)


WASHINGTON - Ketegangan yang terjadi di Laut China Selatan bakal kian panas. Amerika Serikat yang mengklaim diri peduli dengan kepentingan sekutunya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News