AS Mencekam, TB Hasanuddin Keluarkan Imbauan untuk WNI di New York

AS Mencekam, TB Hasanuddin Keluarkan Imbauan untuk WNI di New York
TB Hasanuddin. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengimbau seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Amerika Serikat tetap tenang dan tidak panik.

Imbauan politikus PDI Perjuangan itu sebagai respons atas seruan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York kepada WNI terkait maraknya insiden diskriminasi dan kekerasan bermotif rasial di kota berjuluk The Big Apple tersebut.

"Bila melihat gelagat yang mencurigakan segera lapor atau berkomunikasi dengan KJRI yang siaga 1x24 jam," kata Hasanuddin dalam pernyataan resminya, Jumat (12/3).

Mantan sekretaris militer kepresidenan itu menambahkan, pada 4 Maret lalu pemerintah New York mengumumkan bahwa tindakan diskriminasi terhadap warga Asia terus meningkat.

Menurut Hasanuddin, Komisi I DPR  mengapresiasi langkah cepat Kementerian Luar Negeri dalam memberikan peringatan kepada seluruh WNI di AS.

"Kemenlu telah membuka posko siaga pengaduan," ujarnya.

KJRI New York juga mengimbau WNI terus memperhatikan situasi keamanan setempat melalui pemberitaan di media massa atau sumber-sumber resmi dari pemerintah setempat.

Dalam keadaan darurat, WNI di AS bisa menghubungi  911. Sekiranya memerlukan bantuan, KJRI New York juga membuka hotline di nomor: 347 806 9279, 646 491 3809, 646 238 8721, 929 366 9842, atau 929 329 4872. (esy/jpnn)

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin meminta WNI di Amerika Serikat tetap tenang dan tidak panik


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News