AS Mulai Jalin Kerjasama dengan Kopassus

Syaratkan Keberlanjutan Reformasi TNI

AS Mulai Jalin Kerjasama dengan Kopassus
AS Mulai Jalin Kerjasama dengan Kopassus
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mengaku puas dengan reformasi TNI di Indonesia yang dilakukan sepanjang sepuluh tahun terakhir. AS juga senang dengan profesionalisme TNI yang berkelanjutan serta penanganan Hak Asasi Manusia (HAM). Untuk itu, AS akan memulai kerjasama keamanan yang terukur dan bertahap dengan Kopassus.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pertahanan AS Robert M. Gates usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin. Turut mendampingi Presiden, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Menkopolhukam Djoko Suyanto.

Kepada SBY, Gates mengungkapkan langkah-langkah awal yang diambil dalam batas hukum AS. Langkah itu dilakukan tanpa mengurangi pentingnya HAM dan pertanggungjawabannya. "Lebih jauh lagi, kemampuan kami untuk mengembangkan langkah-langkah awal ini akan bergantung dari pelaksananaan berkelanjutan dari reformasi antara Kopasus dan TNI sebagai satu kesatuan," kata Gates.

Gates memandang kerjasama militer dengan Indonesia tersebut merupakan perkembangan yang cukup signifikan. "Kita berharap ke depan untuk bekerja sama lebih erat dengan TNI. Sekarang, Menteri Purnomo dan saya harus mendiskusikan ini dan hal-hal lain," kata Gates.

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mengaku puas dengan reformasi TNI di Indonesia yang dilakukan sepanjang sepuluh tahun terakhir. AS juga senang dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News