AS Sebut Pesawat Ukraina Mungkin Ditembak Iran

AS Sebut Pesawat Ukraina Mungkin Ditembak Iran
Penghormatan untuk para kru pesawat Ukraina yang tewas saat kecelakaan pesawat bersama ratusan penumpang. Foto: Reuters

jpnn.com, IRAN - Sejumlah pejabat Amerika Serikat menduga pesawat Ukraina yang jatuh di Iran hingga menewaskan seluruh 176 penumpang kemungkinan besar tertembak oleh pertahanan udara Iran.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump, sementara itu, menyatakan tidak percaya bahwa kecelakaan itu disebabkan masalah mekanis.

Dengan mengutip kajian mendalam dari data satelit, satu pejabat AS mengatakan pemerintah telah menyimpulkan secara meyakinkan bahwa rudal-rudal antipesawat telah menyebabkan pesawat itu jatuh.

Pesawat jatuh pada hari yang sama ketika Iran melancarkan serangan peluru kendali balistik ke arah pasukan AS di Irak.

Sang pejabat mengatakan pesawat milik Ukraine International Airlines itu sebelumnya terdeteksi pada radar Iran.

Data menunjukkan bahwa jet Boeing 737-800 itu sedang terbang di udara selama dua menit setelah lepas landas dari Teheran ketika penunjuk suhu panas dari rudal darat-ke-udara terdeteksi, kata salah satu pejabat.

Tanda-tanda itu tak lama kemudian diikuti dengan ledakan di sekitar pesawat, kata pejabat tersebut. Data suhu panas kemudian menunjukkan bahwa pesawat itu terbakar ketika jatuh.

Pesawat tersebut sedang terbang menuju Kiev dan membawa para penumpang, yang sebagian besar di antaranya adalah warga negara Iran dan Iran-Kanada.

Pesawat jatuh pada hari yang sama ketika Iran melancarkan serangan peluru kendali balistik ke arah pasukan AS di Irak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News