Asian Games 2018: Penerbangan ke Palembang Melonjak

Asian Games 2018: Penerbangan ke Palembang Melonjak
Areal Bandara Internasional SMB II Palembang. Foto ilustrasi: Kris/Sumatera Ekspres

jpnn.com, PALEMBANG - Mendekati hari H pembukaan Asian Games XVIII 2018, jumlah atlet, pelatih, ofisial dan tamu dari puluhan negara peserta makin banyak berdatangan.

Peningkatan jumlah dan pergerakan penumpang terpantau di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Executive General Manager (GM) PT Angkasa Pura (PTAP) II Palembang, Bayuh Iswantoro mengatakan, telah terjadi peningkatan penumpang. Seperti kemarin (H-3 Asian Games), jumlah penumpang mencapai 16 ribu orang. Sedangkan saat kondisi normal per hari hanya 10-12 ribu orang.

Kenaikan ini imbas bertambahnya frekuensi penerbangan pesawat dari dan ke Palembang. Jika hari biasa sekitar 75 kali, maka saat ini bisa mencapai 150 penerbangan per harinya. “Sudah terjadi peningkatan penerbangan, per hari bisa 9-10 persen,” jelas Bayuh.

Meski penerbangan meningkat, tapi tidak ada penambahan flight. Lalu lintas pesawat juga tidak terganggu. Sebab, lonjakan penerbangan masih di bawah slot maksimal yang sudah direncanakan.

Kata Bayuh, Bandara SMB II Palembang memiliki kapasitas slot yang besar untuk menampung pesawat yang datang. “Ya, kalau 150 penerbangan per hari itu masih di bawah kapasitas yang ada. Kita mampu melayani sekitar 400 penerbangan per harinya,” tandasnya.

Ditambahkan Kepala Bagian Operasional PTAP II, Zulbrito, sampai saat ini belum ada maskapai yang mengajukan untuk menambah flight. Termasuk belum meningkatnya jumlah pesawat yanag akan parkir di Bandara SMB II.

“Semua atlet masih menggunakan penerbangan reguler, jadi sampai sekarang belum ada permintaan untuk parking stand pesawat carter,” imbuhnya. Di sisi lain, Bandara SMB II sudah menambah kapasitas apron. Dari 10 menjadi 14 pesawat.

Mendekati hari H pembukaan Asian Games XVIII 2018, jumlah atlet, pelatih, ofisial dan tamu dari puluhan negara peserta makin banyak berdatangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News