Asosiasi Jerman Tunjuk Kota Munich untuk Gelar Pameran Otomotif Internasional

Asosiasi Jerman Tunjuk Kota Munich untuk Gelar Pameran Otomotif Internasional
Suasana Kemeriahan Pameran di Frankfurt Motor Show. Foto: Carscoops

jpnn.com - ASOSIASI Industri otomotif Jerman (Verband der Automobilindustrie/VDA) telah menunjuk Kota Munich untuk menggantikan Frankfurt sebagai tuan rumah pameran otomotif internasional (Internasional Automobil-Ausstellung/IAA) dua tahunan mulai 2021.

Munich merupakan salah satu kota terpilih bersama Hamburg dan Berlin. Namun, kota ini berhasil meyakinkan VDA dengan mengubah pusat kota sebagai lokasi menarik.

"Lokasi-lokasi ini harus dihubungkan ke pusat pameran melalui rute transfer termasuk jalur prioritas untuk kendaraan ramah lingkungan," kata VDA dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir Carscoops, Rabu (4/3).

VDA menjelaskan IAA akan berevolusi dari platform otomotif menjadi mobilitas. "Selain daya tarik mobil, ini harus menjadi percikan awal bahwa kota tuan rumah akan berkembang menjadi kota pintar dengan konsep lalu lintas cerdas dan jaringan moda transportasi yang inovatif - berkelanjutan dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Munich dengan konsep kotanya menawarkan kondisi terbaik untuk saat ini," tambahnya.

Frankfurt tidak akan lagi menjadi rumah IAA setelah hampir 70 tahun menggelar ajang pameran bergengsi ini.

Keputusan tersebut sempat menjadi sasaran protes sementara merek-merek mobil besar dengan memutuskan untuk tidak hadir, yang menyebabkan penurunan hingga 30 persen dalam jumlah pengunjung, menjadi 560.000.

Kontrak VDA dengan Frankfurt sendiri telah berakhir tahun lalu, membuka jalan bagi perubahan. Tidak hanya secara geografis tetapi juga dalam konsep salah satu Pameran otomotif terbesar di dunia.

Pameran otomotif saat ini berada di bawah tekanan, lantaran semakin banyak pabrikan berdebat apakah biaya yang digelentorkan untuk memamerkan produknya dalam event tersebut mencerminkan keuntungan yang didapat.

Kota Munich berhasil meyakinkan VDA dengan mengubah pusat kota sebagai lokasi menarik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News