Asosiasi Pemerintahan Desa Bakal Boikot Musrenbang

Asosiasi Pemerintahan Desa Bakal Boikot Musrenbang
Ilustrasi pegawai pemerintahan/ dok Rakyat Kalbar

jpnn.com - PONTIANAK- Asosiasi Pemerintahan Desa se-Kubu Raya berencana memboikot Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kecamatan Kabupaten Kubu Raya yang akan digelar pada Februari mendatang. 

Pemboikotan Musrenbang disebabkan karena Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dinilai tidak pernah mendengar aspirasi musrenbang, terutama untuk pembangunan jalan poros di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya.

“Pengurus Apdesi berencana memboikot musrenbang kecamatan. Sekarang ini kita sudah mempersiapkan surat untuk kepala desa terkait pemboikotan ini. Kami juga telah menyurati bupati untuk beraudiensi dengan harapan agar aspirasi kami didengar,” terang Kepala Desa Tanjung Harapan, Juheran kepada Pontianak Post (grup JPNN)

Menurut dia, pemboikotan dilakukan karena beberapa aspirasi musrenbang desa sampai kini belum direalisasikan oleh pemda. Dia menjelaskan, saat ini kondisi jalan poros Padang Tikar-Selatseh kondisinya memprihatinkan. 

Di setiap musrenbang dia sebagai Kepla Desa selalu menyuarakan agar jalan poros ini bisa diperbaiki. Tidak hanya musrenbang, pihaknya juga mendatangi komisi bagian infrastruktur agar jalan tersebut bisa diperbaiki. 

“Dari tahun 2015 pengajuan ini ada di musrenbang sampai tahun 2016 tetapi juga tidak diakomodir. Jangankan untuk mengeraskan jalan, bahkan tahun 2014 pelebaran jalan itu sampai 2016 tidak tidak ada sambungan jalan. Panjangnya kurang lebih ada 1 kilometer lebih,” terangnya.

Jika musim hujan lanjutnya, kondisi jalan parah bahkan kendaraan roda dua dipastikan tidak bisa melalui jalur itu, dikarenakan tanah liat memenuhi bagian bawah motor. Jika pun bisa berjalan tentu dipaksakan dengan sesekali mesti mencungkil tanah liat yang melekat di kendaraan.

Kondisi jalan rusak itu panjang. Harusnya pemerintah setempat membuka mata dan melihat kenyataan ini. Makanya, ia meminta aspirasi musrenbang mesti diprioritaskan dengan mengeraskan jalan agar masyarakat setempat tidak lagi kesusahan ketika melewati jalur itu. 

PONTIANAK- Asosiasi Pemerintahan Desa se-Kubu Raya berencana memboikot Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kecamatan Kabupaten Kubu Raya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News