JPNN.com

Asrama Brimob Terbakar

Sabtu, 21 Januari 2017 – 10:33 WIB Asrama Brimob Terbakar - JPNN.com

jpnn.com -Sebanyak lima rumah di komplek asrama Brimob Polda Papua di Ifar Gunung Kelurahan Sentani Kota Distrik Sentani, Papua ludes terbakar, Jumat (20/1) siang kemarin.

Dugaan awal, Si Jago Merah berasal dari kompor yang lupa dipadamkan dari dalam salah satu rumah. Api cepat merambat dan menghanguskan lima rumah yang saling berdempetan.

Salah seorang warga yang terkena dampak kebakaran, Nursanti mengungkapkan saat itu dirinya sedang mencuci di belakang rumah, tiba-tiba api sudah naik ke atap dan bagian lain. Untuk menyelamatkan diri, maka istri pensiunan Polri ini langsung keluar dari rumah. “Kayaknya dari kompor, karena katanya (tetangga-red) lagi bikin sambal,” kata istri pensiunan perwira ini kepada Cenderawasih Pos.

Api sendiri menyebar dengan cepat, karena menurut dia rumah yang ditempati oleh anggota kepolisian dari jajaran Polda Papua ini sudah dibangun sejak lama dan belum ada renovasi. “Saya sendiri tidak tahu apakah kompornya dalam keadaan menyala, tetapi hanya tahu ketika api sudah membesar. Rumah ini sendiri sudah lama dibangun, sejak tahun 1969 dan tidak pernah direnovasi,” tuturnya.

Terbakarnya lima barak rumah ini, membuat sebagian besar barang-barang berharga terbakar dan juga pakaian dan barang dapur lainnya juga ikut hangus terbakar. “Ijazah anakku yang guru sudah terbakar, SK janda saya, SK pensiunnya almarhum dan surat-surat lain, lalu pakaian kami dengan cucuku dua orang juga ikut terbakar dengan laptop dan uang Rp 3 juta juga ikut terbakar,” ucapnya.

Kapolres Jayapura, AKBP Gustav Urbinas mengatakan, kebakaran terjadi sekitar jam 14.00 WIT. "Diduga api berasal dari kompor di salah satu rumah anggota yang juga ikut terbakar,” kata Kapolres.

Menurut dia, api berhasil dipadamkan sekitar sejam kemudian oleh mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Jayapura yang dibekap oleh water canon milik Polres Jayapura. “Hanya korban material dan tidak ada korban jiwa. Untuk korban material diperkirakan sekitar Rp 1 miliar lebih,” ucap Gustav.

Menurut Gustav, saat ini kelima anggota atau pensiunan Polri yang mengalami musibah kebakaran sudah dievakuasi dan tiga orang warga telah dievakuasi ke rumah anaknya yang juga anggota polisi. Sedangkan dua lainnya dievakuasi untuk menginap sementara di rumah GKI di Puspenka Hawai. (bet/tri/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...