Astaga... 35 Ribu Hektar Lebih Lahan Sudah Dibakar

Astaga... 35 Ribu Hektar Lebih Lahan Sudah Dibakar
Astaga... 35 Ribu Hektar Lebih Lahan Sudah Dibakar

jpnn.com - JAKARTA - Pembakaran hutan dan lahan semakin menjadi-jadi. Mabes Polri mencatat, dari 162 kasus yang ditangani jajaran kepolisian, sudah terbukti ada sekitar 35 ribu hektar lahan yang dibakar.

Lahan itu tersebar di tujuh wilayah, mulai dari Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan sampai Kalimantan Timur.

"Kita lihat ada 162 kejadian. Luas kebakarannya kalau dari tujuh wilayah Sumsel, Riau, Jambi, Kalteng, Kalbar, Kalsel, Kaltim, itu lebih dari 35 ribu hektar," jelas Direktur Tindak Pidana Tertentu Badan Reserse Kepolisian Brigadir Jenderal Yazid Fanani, Jumat (18/9).

Dia mengatakan, kalau dalam satu areal yang terbakar itu biasanya banyak titik apinya. Dicontohkan, kalau satu perusahaan punya 1000 hektar, bisa 10 hingga 50 titik api.

Namun, tegas Yazid, tidak semua perusahaan melakukan pembakaran. "Kadang-kadangkan ada perorangan, terus ada juga perusahaan," kata jenderal bintang satu ini.  (boy/jpnn)


JAKARTA - Pembakaran hutan dan lahan semakin menjadi-jadi. Mabes Polri mencatat, dari 162 kasus yang ditangani jajaran kepolisian, sudah terbukti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News