Astaga, Guru Honorer dan Tendik Ditawari Lulus PPPK Tanpa Tes, Cukup Bayar

Astaga, Guru Honorer dan Tendik Ditawari Lulus PPPK Tanpa Tes, Cukup Bayar
Waspadai penipuan modus dijanjikan bisa masuk honorer. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kalangan guru honorer dan tenaga kependidikan (tendik) gempar. Pasalnya, beredar kabar rekan-rekan mereka di sejumlah daerah dimintai Rp 600 ribu oleh pengurus forum sebagai pelicin agar lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Ini banyak teman guru dan tendik telepon saya, konfirmasi apakah SNWI menarik iuran tersebut," kata Ketua Umum Perkumpulan Honorer Guru dan Tendik Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Olivia Tambariki kepada JPNN.com, Sabtu (13/3).

Tidak ingin ada anggota SNWI maupun guru honorer dan tendik jadi korban, Olivia pun mengimbau agar jangan percaya dengan oknum pengurus yang menjanjikan akan lulus PPPK tanpa tes. SNWI, saat ini malah menggiatkan kelompok belajar untuk persiapan tes PPPK.

Olivia menambahkan, seluruh modul yang ada di dalam program guru belajar dan seri belajar mandiri calon guru ASN PPPK yang diluncurkan Kemendikbud, sudah dicetak dan dibahas bersama per wilayah.

"Itu semua gratis tanpa membebani anggota," ucapnya.

Menurut Olivia, seluruh guru honorer khususnya anggota SNWI sangat antusias menyiapkan diri. Namun, permintaan dana agar bisa masuk daftar calon PPPK tanpa tes sempat membuat mereka galau.

Olivia mengatakan, ada guru honorer yang kecewa karena sudah termakan informasi bisa lulus PPPK tanpa tes hanya dengan membayar Rp 600 ribu.

"Tega sekali mencari kesempatan di saat kami sedang giat belajar," cetusnya.

Rekrutmen PPPK menjadi alat oknum pengurus forum menarik dana dari guru honorer dan tendik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News