Asteroid DA14 Nyaris Hantam Bumi

Asteroid DA14 Nyaris Hantam Bumi
Asteroid DA14 Nyaris Hantam Bumi
PARA pengamat asteroid mengingatkan bahwa ada banyak benda langit yang berpotensi membuat repot penduduk Bumi. Benda-benda langit itu secara ukuran dan materi, lebih berbahaya daripada asteroid yang menghantam wilayah Chelyabinsk, Rusia, Jumat (15/2) pagi lalu.

Para astronom mengingatkan adanya asteroid Apophis yang ukurannya lebih besar dari pada bangunan Pentagon, yang akan melintas dekat dengan orbit Bumi pada 13 April 2029. Saking dekatnya, Apophis diperkirakan bakal bisa dilihat dengan mata telanjang.

Atau ada juga Toutatis, benda langit seukuran gunung. Untungnya Toutatis berada pada jarak yang aman dari orbit Bumi. Tahun lalu, ada asteroid 2005 YU55 dengan panjang seperempat mil yang melintasi dekat dengan orbit Bumi.

Dan Jumat (15/2) selain asteroid yang menghantam Rusia, ada pula 2012 DA14 yang melintas 17.200 mil di atas Bumi. Namun DA14 tidak menimbulkan bahaya karena ukurannya yang dianggap relatif kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Batu luar angkasa itu hanya berukuran 50 meter. Meski demikian saat DA14 melintas,  komunikasi satelit sempat mengalami gangguan.

PARA pengamat asteroid mengingatkan bahwa ada banyak benda langit yang berpotensi membuat repot penduduk Bumi. Benda-benda langit itu secara ukuran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News