Selasa, 16 Juli 2019 – 01:09 WIB

Astra Akuisisi Seluruh Saham GES

Kamis, 16 Desember 2010 – 17:19 WIB
Astra Akuisisi Seluruh Saham GES - JPNN.COM

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) memperkuat bisnis pembiayaan dengan menyelesaikan akuisisi 100 persen saham PT General Electric Service (GES) dari kepemilikan General Electric Capital Corporation (GECAI). Melalui akuisisi tersebut, Astra menjadi pemilik tunggal PT Astra Sedaya Finance (ASF).

"Sehubungan dengan pembelian saham milik GECAI oleh perseroan dan terpenuhinya conditions precedent tersebut, maka pengambilalihan atas saham GES berlaku pada 10 Desember 2010," ujar Corporate Secretary Astra International Aminuddin dalam keterbukaan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin.

Sebelumnya, GES merupakan partner Astra dalam pembentukan PT Astra Sedaya Finance. Astra International menguasai 53 persen saham, sedangkan GES memiliki 47 persen saham. dengan akuisisi penuh itu, maka secara tidak langsung ASII juga memiliki 47 persen saham PT Astra Sedaya Finance (ASF) yang semula dimiliki GES. Artinya, 100 persen saham ASF menjadi milik Astra.

"Sekarang keuangan kami dan kemampuan perseroan sudah kuat, sehingga akuisisi dilakukan," kata Kepala Komunikasi Korporasi ASII Arief Istianto.

ASF merupakan perusahaan pembiayaan terbesar dari total lima perusahaan yang berada di bawah naungan Astra Credit Companies (ACC). Khusus untuk akuisisi saham GES, dana yang dikeluarkan mencapai Rp 2 triliun dari kas perseroan. "Akuisisi itu juga ditujukan untuk mendukung rencana jangka panjang perusahaan, terutama dalam menghadapi penjualan sektor otomotif yang diperkirakan terus meningkat," katanya.

Keputusan Astra untuk menjadi pemilik tunggal ASF selaras dengan kecenderungan konsumen produk otomotif yang lebih suka memanfaatkan skema pembiayaan (kredit) dalam membeli kendaraan. Untuk penjualan motor secara nasional, 75 persen di antaranya dilakukan melalui skema kredit. Begitu juga dengan kendaraan roda empat, 60 hingga 70 persen juga memanfaatkan pembiayaan. (gen/fat)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar