Asumsi APBN Berpeluang Direvisi

Menyusul Melambungnya Harga Minyak Dunia

Asumsi APBN Berpeluang Direvisi
Asumsi APBN Berpeluang Direvisi
 JAKARTA — Pemerintah mulai melihat peluang untuk mengubah asumsi makro ekonomi dalam APBN 2011. Dampak kenaikan harga minyak dunia dinilai berpengaruh cukup besar terhadap harga minyak Indonesia (ICP).

Saat ini, harga minyak dunia sudah menyentuh level USD103 per barel, sedangkan dalam asumsi makro hanya ditargetkan USD80 per barel. "Peluang-peluang itu bisa saja terjadi. Makanya kita lihat seperti apa perkembangan harga minyak ini. Kalau harga minyak ini terus tinggi, maka beban subsidi kita pasti membengkak," kata Menteri Koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa pada wartawan di Jakarta, Senin (7/3).

Jika risikonya mengarah pada melonjaknya beban subsidi, kata Hatta, maka pemerintah harus ekstra hati-hati. Penambahan beban subsidi sama artinya dengan menambah beban negara.

Karenanya, ada tiga hal penting yang harus dijaga oleh pemerintah. Pertama, penerimaan negara dari penjualan minyak harus dijaga dari target produksi minyak dalam negeri. "Untuk itu, jangan sampai meleset (target) produksi minyak kita," kata Hatta.

 JAKARTA — Pemerintah mulai melihat peluang untuk mengubah asumsi makro ekonomi dalam APBN 2011. Dampak kenaikan harga minyak dunia dinilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News