Asyiiik, Mulai Tahun 2020 Gedung Sate jadi Objek Wisata Sejarah

Asyiiik, Mulai Tahun 2020 Gedung Sate jadi Objek Wisata Sejarah
Pemprov Jabar menyiapkan Gedung Sate menjadi objek wisata sejarah tahun 2020. Foto: Raisan Al Farisi/Antara

jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menyiapkan Gedung Sate di Jalan Diponegoro, Bandung, menjadi objek wisata sejarah tahun 2020.

"Jadi untuk Gedung Sate saat ini sedang persiapan, direnovasi kecil-kecilan, dan menyiapkan Gedung Sate sebagai wisata sejarah mulai tahun 2020," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai memimpin rapat di Gedung Sate, Bandung, Senin (30/9).

Pemprov Jabar, menurut dia, sedang menyusun konsep pengembangan kompleks Gedung Sate menjadi objek wisata sejarah. "Saat ini kami sedang konsepkan, nanti akan ada tour guide (pemandu tur), kemudian juga bakal dibikin semaksimal mungkin," kata Emil -panggilan Ridwan Kamil.

Setelah renovasi selesai, ia mengatakan, setiap akhir pekan masyarakat umum bisa berwisata di kompleks Gedung Sate.

"Ini di dalam Gedung Sate bakal dipenuhi galeri foto atau karya seni dari 27 kota, kabupaten di Jabar. Sehingga orang bisa masuk di weekend (akhir pekan) ke Gedung Sate, ke dalam melihat galeri foto di dalam silakan," kata Emil.

"Dan memang enggak masalah karena kan Gedung Sate kan bukan hanya lihat museumnya, kan masyarakat juga ingin foto-foto di lobi kan bisa-bisa saja. Itu masukan rakyat, dari dulu warga ingin masuk ke Gedung Sate bisa leluasa, bukan hanya di halamannya saja," ia menambahkan.

Pemerintah provinsi akan menyesuaikan sistem pengamanan Gedung Sate setelah kompleks bangunan pemerintah itu dibuka untuk umum pada akhir pekan. "Pola pengamanan juga akan dikoreksi," kata dia. (antara/jpnn)

Saat ini Pemprov Jabar sedang menyusun konsep pengembangan kompleks Gedung Sate menjadi objek wisata sejarah.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News