Asyiiikkk... Kini Masyarakat Bisa Pantau Bus Transjakarta, Begini Caranya

Asyiiikkk... Kini Masyarakat Bisa Pantau Bus Transjakarta, Begini Caranya
Transjakarta. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Transjakarta bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), PT Gojek Indonesia, dan PT Terralogiq (Qlue) untuk memberikan pelayananan yang lebih baik bagi mobilitas masyarakat DKI Jakarta. 

Telkom bermitra dengan Transjakarta dalam pengadaan infrastruktur, jaringan, dan On Board Unit yang membuat mobilitas dan pelayanan seluruh armada Transjakarta bisa dipantau secara detil melalui Operation Control Center di kantor Pusat Transjakarta. 

Sistem monitoring yang dibangun dan dioperasikan Transjakarta akan memberikan informasi mengenai nomor, arah, kecepatan bus, dan informasi pelayanan pada halte-halte Transjakarta. 

Misalnya saja, bus-bus yang berjalan dengan kecepatan normal akan ditandai dengan lingkaran hijau, yang agak cepat akan berwarna kuning, yang melampaui batas maksimum 50 km/jam akan berwarna merah. 

Sedangkan, bus yang berhenti akan ditandai dengan lingkaran putih. “Jadi, baik bus yang ngebut maupun berhenti tidak pada tempatnya akan ketahuan,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih di Balai Kota, Jakarta, Rabu (28/10).

Hal yang sama berlaku pada halte bus Transjakarta. Kosasih menjelaskan, halte yang secara rutin disinggahi bus dalam jangka waktu normal akan berwarna hiaju, yang waktu tunggunya agak lama berwarna kuning, dan halte yang lama tidak disinggahi bus diberi tanda warna merah. 

Melalui On Board Unit yang disediakan Telkom, Kosasih menyatakan, kondisi bus dan perilaku pengemudi di lapangan bisa diketahui oleh masyarakat. “Seluruh masyarakat DKI dapat memantau dan mengawasi pelayanan kami,” ujarnya.

Sementara, Go-Jek berkolaborasi dengan Transjakarta untuk menyediakan fitur Go-Busway. Fitur Go-Busway bisa digunakan masyarakat pengguna aplikasi Go-Jek untuk melacak nomor dan arah bus Transjakarta secara real time, mengetahui lokasi semua bus Transjakarta, memberikan informasi estimasi waktu kedatangan bus Transjakarta di tiap-tiap halte, dan memesan layanan Go-Jek dari dan ke halte bus Transjakarta yang dipilih. 

JAKARTA - PT Transjakarta bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), PT Gojek Indonesia, dan PT Terralogiq (Qlue) untuk memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News