Asyik Melejit, Bukti 2019 Ganti Presiden Efektif di Jabar

Asyik Melejit, Bukti 2019 Ganti Presiden Efektif di Jabar
Prabowo Subianto dan Sudrajat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik dari Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin mengungkapkan, naiknya perolehan suara pasangan Sudrajat - Ahmad Syaikhu (Asyik) di Pilkada Jabar hingga mencapai 29,35 persen tak lepas dari gencarnya gerakan 2019 ganti presiden.

Dikatakan, gerakan 2019 ganti presiden yang digalang PKS dan Gerindra di Jabar ternyata sangat efektif.

Ini dilihat dari turunnya suara Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) yang berada di kisaran 32 persen. Jauh di bawah estimasi lembaga-lembaga survei.

"Perolehan suara Sudrajat ini sangat tidak terduga. Dalam sebulan dia bisa menggerus suara Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum dan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi," ujar Said, Kamis (28/6).

Fenomena ini menunjukkan mesin partai Gerindra dan PKS bekerja sangat keras. Mereka juga mengusung visi ganti presiden 2019.

"Jadi masyarakat diberikan pilihan bila memilih Sudrajat maka presidennya diganti. Bagi masyarakat Jabar yang ingin ada perubahan akan memilih Sudrajat," ucapnya.

Melihat hasil beberapa lembaga survei, Said juga mengaku belum berani memastikan kemenangan Ridwan Kamil.

"Terlalu tipis selisihnya. Memang semakin banyak penduduknya, makin kecil selisihnya. Namun, lembaga-lembaga survei ini kan punya masing-masing persentase margin of error-nya jadi baiknya tunggu real count KPU," tandasnya. (esy/jpnn)


Pengamat polisik Said Salahudin mengatakan, melejitnya suara pasangan Sudrajat – Ahmad Syaiku bukti bahwa gerakan 2019 Ganti Presiden berjalan efektif di Jabar.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News