Asyik, Sekarang Ikan Semakin Banyak

Asyik, Sekarang Ikan Semakin Banyak
Ilustrasi. Foto dok Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengimbau nelayan Indonesia agar lebih gencar lagi melaut. Hal itu seiring dikeluarkannya kebijakan negative list perikanan tangkap untuk asing oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 18 Mei 2016 lalu.

“Ini salah satu penekanan yang luar biasa untuk mendorong nelayan dan pengusaha Indonesia agar bisa melaut dengan bebas, berkembang, dan mendapatkan tangkapan yang bagus,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Zulficar Mochtar di Gedung KKP, Jakarta Rabu (22/6).

Zulficar menilai, dikeluarkannya kebijakan Daftar Negatif Investasi (DNI) itu memberikan kesempatan kepada nelayan dalam negeri, untuk bebas menangkap ikan di perairan Indonesia secara mandiri.

“Sekarang ikan semakin banyak, tangkapan nelayan cukup banyak. Kapal eks asing sudah tidak bisa melaut. Artinya, nelayan Indonesia silakan melaut,” kata Zulficar.

Zulficar menambahkan, penerbitan dokumen perizinan yang sebelumnya memakan waktu hampir satu bulan, ke depannya bisa dipercepat menjadi lima hari. Asalkan, syarat semua dokumen yang diminta kepada para pengusaha harus segera dilengkapi.

Adapun, proses penerbitan dokumen perizinan terdiri dari Surat Izin Usaha Penangkapan Ikan (SIUP), Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) dan Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI).

“Perizinan online ada website yang bisa dilihat, yang memuat semua prosedurnya. Jika dibenahi semua prosesnya, ini akan bisa mengakselerasi. Mudah-mudahan nanti lima hari bisa selesai,” harap Zulficar. (chi/jpnn)

 

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengimbau nelayan Indonesia agar lebih gencar lagi melaut. Hal itu seiring dikeluarkannya kebijakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News