Atasi Polusi Udara di Jakarta, Lestari Moerdijat Tekankan Kolaborasi Seluruh Pihak

Atasi Polusi Udara di Jakarta, Lestari Moerdijat Tekankan Kolaborasi Seluruh Pihak
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat berbicara dalam Forum Diskusi Denpasar 12 Edisi ke-158 dengan tema 'Perbaikan Kualitas Udara di Kota-Kota Besar Indonesia', Rabu (22/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan masalah pencemaran udara merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat.

Menurut Lestari, pelibatan publik diperlukan agar kebijakan strategis yang dicanangkan dapat terlaksana dengan baik dan berdampak luas.

"Masyarakat bisa secara aktif bersama-sama mengatasi masalah yang ada," kata Lestari Moerdijat dalam Forum Diskusi Denpasar 12 Edisi ke-158 dengan tema 'Perbaikan Kualitas Udara di Kota-Kota Besar Indonesia', Rabu (22/8).

Diskusi yang dimoderatori Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR Arimbi Heroepoetri itu menghadirkan Erni Pelita Fitratunnisa (Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH DKI Jakarta), Cucu Mulyana (Direktur Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan), Made Yusadana (Vice President Lingkungan PLN), dan Sigit Reliantoro (Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK).

Hadir pula Nova Harivan Paloh (Anggota DPRD DKI Jakarta) dan Zenzi Suhadi (Direktur Eskekutif Nasional WALHI) sebagai penanggap.

Menurut Rerie, sapaan Lestari, masalah polusi udara merupakan masalah klasik yang terus dihadapi kota-kota besar di dunia, termasuk Jakarta.

Berdasarkan catatan Air Quality Index (AQI), Jakarta menduduki posisi pertama sebagai kota dengan udara terkotor di dunia pada angka 156 pada Kamis (10/8).

"Situs pemantau beberapa minggu juga menunjukkan kualitas udara makin bertambah buruk. Akibatnya, gangguan kesehatan sudah mulai terjadi," ungkap Rerie.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat sampaikan sejumlah solusi untuk mengatasi polusi udara di Jakarta, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News