ATM Ngadat, Gubernur BI Minta Perbankan Pindah Satelit

ATM Ngadat, Gubernur BI Minta Perbankan Pindah Satelit
Ilustrasi ATM BCA. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ngadatnya sejumlah ATM sebagai dampak gangguan satelit telkom 1 diprediksi tidak terlalu lama terjadi.

Bank Indonesia sudah meminta kalangan perbankan untuk segera memindahkan jaringan komunikasi di ATM maupun layanan lainnya yang terganggu ke satelit lain. Sehingga, pelayanan nasabah tidak sampai terganggu.

Hal itu disampaikan Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo usai bertemu Presiden di kompleks Istana Kepresidenan kemarin (28/8).

Dia menjelaskan, sejak gangguan terjadi Jumat (25/8) lalu, pihaknya sudah mengumpulkan kalangan perbankan untuk membahas solusinya.

Dari pembahasan bersama provider, didapati sejumlah alternatif yang bisa diambil. ’’Ada satelit lain,seperti Telkom 2 dan Telkom 3s yang bisa digunakan,’’ terangnya.

Kedua satelit itu bisa menjadi solusi bagi perbankan yang selama ini masih mengandalkan satelit Telkom 1 sebagai penyedia jaringan.

Perbankan yang menggunakan satelit Telkom 1 sejak Jumat lalu sudah diminta beralih ke Telkom 2, 3s, atau satelit lain yang menyediakan jaringan komunikasi.

Kemarin, pihaknya sudah meminta laporan terkait pemindahan sistem komnikasi itu. Dari situ, diharapkan sitem layanan yang sempat terganggu bisa segera normal lagi.

Ngadatnya sejumlah ATM sebagai dampak gangguan satelit telkom 1 diprediksi tidak terlalu lama terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News