Australia Akui Yerusalem Milik Israel, Ini Sikap PKS

Australia Akui Yerusalem Milik Israel, Ini Sikap PKS
Sukamta. Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Sukamta mengkritisi kebijakan Australia yang mengakui Yerusalem Barat sebagai Ibu Kota Israel. Menurutnya, hal itu tak sejalan dengan proses perdamaian di Timur Tengah.

"Kebijakan ini tak sejalan dengan proses perdamaian di Timur Tengah. Mengakui Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel menunjukkan keberpihakan Australia kepada Israel," kata Sukamta kepada JPNN, Selasa (18/12).

Karena itu, sekretaris Fraksi PKS DPR ini meminta Perdana Menteri Australia (PM) Scott Morrison menarik kebijakan mengakui sebagian Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

"Demi terwujudnya keadilan dan perdamaian di sana, serta mempertimbangkan perasaan kaum muslimin di Australia dan negeri-negeri tetangganya, Australia harus membatalkan kebijakannya itu," tegas legislator asal Yogyakarta ini.

Selain itu, ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) ini menambahkan, semua pihak tidak seharusnya membahas soal ibu kota Israel, karena faktanya hari ini Palestina belum diakui kemerdekaannya.

Untuk itu dia mendorong agar semua negara tidak mengikuti langkah AS dan Australia yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Kebijakan Australia meskipun hanya mengakui sebagian Yerusalem (barat) sebagai ibu kota Israel, tapi jika kita telaah lebih dalam itu sama saja dan sejalan dengan tindakan AS.

"Sebaiknya kita semua mewujudkan kemerdekaan Palestina secara penuh. Ini dulu yang dipenuhi, baru bicara soal ibu kota," tegas Sekretaris Fraksi PKS ini.(fat/jpnn)


Anggota Komisi I DPR Sukamta mengkritisi kebijakan Australia yang mengakui Yerusalem Barat sebagai Ibu Kota Israel.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News