Australia Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19

Australia Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19
Hasil Test Postifi Virus Covid-19. Foto: Yahoo News

jpnn.com, JAKARTA - Australia dilaporkan telah melakukan tahap pertama pengujian klinis vaksin Covid-19. Hal ini dilakukan guna menghentikan penyebaran virus tersebut.

Pengujian ini dilakukan oleh Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO). Lembaga itu tengah menguji coba dengan menyuntikan dua vaksin Covid-19 terhadap hewan berjenis musang sebelum dicoba kepada manusia.

Menurut agensi sains nasional Australia, CSIRO menguji vaksin terhadap hewan mamalia itu karena hewan tersebut memiliki dampak virus corona yang sama seperti yang dialami oleh manusia.

CSIRO menyebut, uji coba tahap awal ini bakal memakan waktu sekitar tiga bulan. Direktur kesehatan CSIRO Rob Grenfell mengatakan, vaksin corona baru tersedia untuk umum sebelum akhir tahun depan.

"Kami masih berpegang teguh pada 18 bulan optimis untuk pengiriman vaksin kepada konsumen umum. Sekarang ini, tentu saja, bisa berubah. Ada banyak tantangan teknis yang harus kami lalui," ungkap Grenfell seperti dilansir Reuters, Kamis (2/4).

Grenfell menambahkan, sejumlah ilmuwan tengah bekerja dengan kecepatan luar biasa untuk menemukan Vaksin Covid-19. Merekan bahkan sudah sampai tahapan pengujian pra-klinis hanya dalam waktu delapan minggu. Umumnya, para peneliti menghabiskan waktu hingga dua tahun sebelum masuk pengujian.

Sementara untuk pengujian kepada manusia, Grenfeel berharap pengujian bisa dilaksanakan mulai akhir bulan ini.

"Jika kita dapat menghentikan virus yang terikat pada reseptor ferret dalam sistem pernapasan, ada peluang bahwa vaksin ini akan bekerja juga pada manusia," ungkap Grenfell.

Australia dilaporkan telah melakukan tahap pertama pengujian klinis vaksin Covid-19. Hal ini dilakukan guna menghentikan penyebaran virus tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News