Australia Tiada Henti Diterpa Bencana Alam

Selatan Kebakaran, Utara Banjir

Australia Tiada Henti Diterpa Bencana Alam
Australia Tiada Henti Diterpa Bencana Alam
MELBOURNE - Dua bencana yang bertolak belakang mendera dua negara bagian berbatasan di Australia. Saat wilayah Victoria masih membara oleh kebakaran yang belum padam sejak 7 Februari lalu, air bah yang merendam New South Wales di utaranya justru meluas.

Otoritas Australia telah menyiagakan sejumlah helikopter untuk mengevakuasi penduduk dari tempat tinggal mereka di utara Sydney. Perbedaan cuaca di dua kawasan itu dinilai sejumlah ilmuwan sebagai akibat perubahan iklim.

Wilayah Burke di Negara Bagian New South Wales telah dinyatakan sebagai kawasan darurat bencana. Juru Bicara Emergency Service Phil Campbel menyatakan, status tersebut diambil setelah 20 rumah dan bangunan milik pemerintah digenangi banjir. Genangan air yang tinggi juga mengisolasi 5.000 penduduk di sejumlah kota, pedesaan, dan lahan pertanian. Penduduk di kawasan Bellingen memilih mengungsi demi keselamatan jiwa mereka. Apalagi, kondisi diprediksi memburuk karena hari ini hujan diramalkan masih akan turun.

''Kami akan memastikan bahwa jumlah helikopter, perahu karet, dan relawan mencukupi di kawasan ini. Mereka siap menangani kondisi terburuk,'' yakin Campbel.

MELBOURNE - Dua bencana yang bertolak belakang mendera dua negara bagian berbatasan di Australia. Saat wilayah Victoria masih membara oleh kebakaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News